Pemudik dari Bali ke Jawa Siap-Siap Dites GeNose di Pelabuhan Ketapang

Antara ยท Senin, 03 Mei 2021 - 09:30:00 WITA
Pemudik dari Bali ke Jawa Siap-Siap Dites GeNose di Pelabuhan Ketapang
Pos pemeriksaan rapid test antigen dan GeNose di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. (Foto: Antara)

BANYUWANGI, iNews.id - Pemudik dari Bali menuju Pulau Jawa mulai berdatangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Setiap pemudik wajib menunjukkan surat keterangan tes Covid-19 untuk bisa melanjutkan perjalanan.

"Kami mulai melakukan pemeriksaan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang akan masuk ke Pulau Jawa atau masyarakat perjalanan dari Bali," ujar Kasat Lantas Polres Banyuwangi, Kompol Akhmad Fani Rakhim, Minggu (2/5/2021).

Menurutnya, setiap kendaraan umum maupun pribadi yang baru turun dari kapal feri dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali akan melewati pemeriksaan surat keterangan hasil rapid test negatif. Hal itu bertujuan agar mereka yang masuk ke Pulau Jawa dipastikan bebas Covid-19.

Apabila ada yang tidak bisa menunjukkan hasil rapid test negatif, akan diarahkan untuk mengikuti tes GeNose C19 yang tersedia di Pelabuhan Ketapang.

"Ketika ada yang tidak bisa menunjukkan keterangan rapid test negatif, maka kami minta untuk rapid test di pintu masuk utama Pelabuhan Ketapang," ujarnya.

Saat ini Pelabuhan Ketapang sudah mulai padat oleh arus pemudik. Menurutnya kepolisian hanya melakukan penyekatan terkait syarat surat bebas Covid-19. 

Pelaksanakan sanksi larangan mudik seperti meminta putar balik baru akan dilakukan mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

"Untuk sanksi putar balik bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Sekarang masih surat keterangan Covid-19," katanya.

Editor : Reza Yunanto