Mudik Lebih Awal, Tiket Bus dari Bali ke Jawa Habis Terjual

Bagus Alit ยท Minggu, 02 Mei 2021 - 09:30:00 WITA
Mudik Lebih Awal, Tiket Bus dari Bali ke Jawa Habis Terjual
Aktivitas mudik di Terminal Mengwi, Badung melonjak. Tiket jurusan Pulau Jawa habis terjual. (Foto: iNews/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Aktivitas mudik di Terminal Mengwi, Badung, Bali menunjukkan peningkatan. Pemudik memilih mudik lebih awal untuk menghindari larangan mudik pada 6-17 Mei.

Melonjaknya pemudik di Terminal Mengwi tersebut membuat tiket bus dari Bali menuju ke berbagai kota di Pulau Jawa telah habis. 

Bila hari biasa hanya sekitar 500 orang yang diberangkatkan dari Terminal Mengwi, saat ini jumlahnya meningkat hingga tiga kali lipat.

"Saya perkirakan lonjakan ini akan sampai tanggal 4. Informasi yang kami terima semua bus sudah full booking," ujar Kordinator Satpel Terminal Mengwi, Achmad Erwin, Minggu (2/5/2021).

Pantauan iNews, peningkatan jumlah pemudik mulai terlihat sejak 29 April lalu. Tiket keberangkatan hingga tanggal 5 Mei saat ini telah habis.

Lonjakan pemudik membuat sejumlah perusahaan otobus (PO) menambah jumlah armada.  Bila hari biasa hanya mengoperasikan 4-5 bus, saat ini ada 10 bus yang diberangkatkan tiap harinya untuk mengangkut pemudik ke Pulau Jawa.

Meski telah menambah armada yang beroperasi, sejumlah PO bus mengaku kewalahan melayani permintaan tiket.

Sementara itu pengelola Terminal Mengwi juga mengaku tak bisa membendung lonjakan penumpang yang memilih mudik lebih awal. 
Pengelola terminal mengaku hanya bisa mengimbau agar PO bus tetap menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang.

Editor : Reza Yunanto