Pelabuhan Padangbai Karangasem Layani Tes GeNose 

Antara · Jumat, 07 Mei 2021 - 15:36:00 WITA
Pelabuhan Padangbai Karangasem Layani Tes GeNose 
ilustrasi tes genose (Antara)

KARANGASEM, iNews.id - Pelabuhan Padangbai di Kabupaten Karangasem, Bali menyediakan layanan tes GeNose C19 bagi penumpang atau sopir yang akan menyeberang. Layanan itu bisa digunakan dengan membayar Rp40.000  
 
"GeNose sudah berlaku dengan tarif Rp40 ribu, itu disediakan di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai, agar steril dan tidak terkontaminasi sensornya biar bekerja dengan baik," kata Manajer Usaha ASDP Padangbai Karangasem Bali Djunaedi di Karangasem, Kamis (6/5/2021)
 
Dia mengatakan berdasarkan panduan dari Kimia Farma, para penumpang yang akan dites menggunakan GeNose tidak diperbolehkan merokok, makan, dan minum yang beraroma keras. Hal tersebut akan memengaruhi hasilnya karena alat GeNose tersebut sensitif dalam penggunaannya.
 
"Mereka datang dan 30 menit sebelumnya tidak boleh merokok, makan, dan minum yang beraroma keras karena alatnya sensitif. Kemarin sempat kami lakukan uji coba kena minyak wangi hasilnya 'error'," katanya.
 
Sementara itu Kepala Kesehatan Pelabuhan Padangbai I Putu Suardyana mengatakan sudah ada 15 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dites menggunakan GeNose dengan hasil negatif.
 
"Kami menerima satu unit alat kemarin malam. Langsung kami uji coba pukul 01.00 Wita malam sampai pagi. Dan sudah dioperasikan mulai hari ini. Alatnya cukup sensitif dan berpengaruh terhadap hasil," katanya.
 
Selama pemeriksaan dengan alat GeNose juga memerhatikan ada atau tidaknya gejala dari penumpang yang dites itu. Sebelum tes, perlu diketahui apakah penumpang yang dites itu memiliki gejala, seperti flu, demam, atau batuk.
 
"Jadi nanti hasil tesnya akan dikaitkan dengan gejalanya juga. Walau sebenarnya hasil negatif tapi dalam kondisi sakit tidak boleh menyeberang," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: