Pedagang Pasar Kreneng Denpasar Buru-Buru Pakai Masker saat Lihat Satpol PP Keliling

Aris Wiyanto ยท Sabtu, 29 Agustus 2020 - 13:21:00 WITA
Pedagang Pasar Kreneng Denpasar Buru-Buru Pakai Masker saat Lihat Satpol PP Keliling
Pedagang Pasar Kreneng Denpasar buru-buru pakai masker saat Satpol PP keliling (Foto: iNews/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Razia masker di gelar di di sejumlah pasar tradisional di Denpasar, Bali, Sabtu (29/8/2020). Untuk sementara petugas belum memberikan sanksi denda Rp100.000 seperti dalam Pergub Nomor 46 tahun 2020 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan.

Lokasi yang menjadi sasaran razia yakni, pasar tradisional Kreneng Denpasar. Pemilihan lokasi ini, karena jadi salah satu tempat keramaian yang disasar Satpol PP.

Dari pantauan iNews, sejumlah pedagang yang tidak memakai masker buru-buru mengenaka saat melihat petugas. Ada juga pembeli yang terang-terangan meminta maaf karena tak memaskai masker hanya menangkan helm.

Selain memberikan arahan melalui pengeras suara, petugas juga mendatangi warga dan pedagang tidak mengenakan masker dengan benar. Kali ini petugas hanya memberikan teguran saja, namun dirazia berikutnya sanksi denda sebesar Rp100.000 akan diterapkan.

"Pokoknya razia menyasar area keramaian, mulai dari pasar, swalayan, tempat wisata dan lainnya," ucap Kasatpol PP Kota Denpasar, Dewa Sayoga, Sabtu (29/8/2020).

Sejumlah warga mengaku sanksi denda Rp100.000 tersebut dinilai cukup memberatkan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, penghasilan mereka berkurang.

"Ya keberatan. Rp100.000 itu dapat dari mana. Kita nyari tiap hari saja enggak bisa sampai segitu," katanya.

Sesuai instruksi penerapan pergub ini diawali dengan sosialisasi selama 20 hari.


Editor : Nani Suherni