Pantai Kuta Bali Dibuka Sesaat untuk Prosesi Banyupinaruh

Bagus Alit ยท Minggu, 05 Juli 2020 - 13:17 WITA
Pantai Kuta Bali Dibuka Sesaat untuk Prosesi Banyupinaruh
Pantai Kuta di Bali dibuka sementara untuk umat Hindu menggelar ritual Banyupinaruh, Minggu (5/7/2020). (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Kawasan Pantai Kuta, Bali dibuka sementara pada Minggu (5/7/2020) pagi. Pembukaan itu untuk memberikan kesempatan umat Hindu menggelar ritual Banyupinaruh atau pembersihan diri ke laut.

Pantauan iNews.id, pemandangan berbeda terlihat di kawasan Pantai Kuta pagi ini yang sebelumnya ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang merebak di Bali.

Ribuan umat Hindu datang bergantian ke pantai berpasir putih di Kabupaten Badung ini. Tak hanya dari kawasan setempat, tapi juga dari Denpasar dan sekitarnya.

Kedatangan pengunjung ini bukan untuk berwisata namun untuk melukat atau mandi dalam melaksanakan ritual Banyupinaruh.

"Kalau untuk Banyupinaruh kita memberikan ruang kepada umat, selagi itu dengan protokol kesehatan," ujar Bendesa Adat Kuta, I Wayan Wasista di lokasi, Minggu (5/7/2020).

Dia mengatakan, untuk menghindari kerumunan maka petugas adat telah memberlakukan aturan mempercepat melukat. Selain itu waktunya juga dipersingkat hanya sampai jam 9 pagi.

"Tidak seperti tahun-tahun lalu dari jam 2 pagi sudah mulai. Kita buka jam 5 pagi, setelah mandi atau melukah secepatnya sampai batas jam 9 pagi kita tutup lagi," tuturnya.

Terpisah, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengaku mengizinkan Pantai Kuta dibuka untuk Banyupinaruh dan telah memberikan arahan untuk mencegah kerumunan.

"Saya ijinkan," katanya.


Editor : Reza Yunanto