Orang Sehat Pakai Masker, Kadinkes Bali: Terlalu Berlebihan

Antara ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 23:20 WIB
Orang Sehat Pakai Masker, Kadinkes Bali: Terlalu Berlebihan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali, Ketut Suarjaya meminta masyarakat agar tidak terlalu khawatir menyikapi wabah virus korona. Menurutnya, salah satu sikap berlebihan yakni menggunakan masker saat pergi ke luar rumah.

"Terlalu berlebihan kalau orang yang sehat tetapi pakai masker ke mana-mana. Fungsi masker yang utama itu untuk melindungi diri dari infeksi kuman," kata Suarjaya di Denpasar, Rabu (26/2/2020).

Hal ini diungkapkan lantaran belakangan ini Suarjaya banyak mendapat laporan adanya kelangkaan masker di sejumlah apotek di Kota Denpasar.

"Kalau saat bekerja di kantor dan di tempat kerja tidak ada orang yang sakitnya menular, ya kan tidak perlu pakai masker. Jikapun ada yang sakit, yang sakitlah yang memakai masker. Apalagi saat jalan-jalan ke mall ya juga tidak perlu pakai masker," kata dia.

Suarjaya menambahkan, masker diperlukan ketika mengunjungi orang sakit di RS yang terinfeksi penyakit menular.

"Namun, kalau kita menjenguk pasien yang kena diabets, masker juga tidak diperlukan. Apalagi kalau hanya pergi ke lobi atau poliklinik," katanya.

Suarjaya menyarankan agar masker digunakan tepat waktu dan pada tempat yang tepat.

"Jadi, jangan ramai-ramai memakai masker ke mana-mana, karena kesannya malah menimbulkan kekhawatiran. Padahal sejauh ini di Bali masih aman dan tidak ada kasus korona," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto