Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Ekonomi Kreatif Jadi Bantalan dari Ancaman Resesi Global

Chusna Mohammad · Kamis, 06 Oktober 2022 - 19:53:00 WITA
Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Ekonomi Kreatif Jadi Bantalan dari Ancaman Resesi Global
Menparekraf Sandiaga Uno saat jumpa pers Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia (Wolrd Conference on Creative Economy/WCEE) di Nusa Dua, Bali, Kamis (6/10/2022). (Foto : MPI/Chusna M)

DENPASAR, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut ekonomi kreatif akan menjadi benteng dari ancaman resesi global tahun depan. Karena itu, sektor ini harus mendapat perhatian serius pemulihan ekonomi suatu negara. 

"Ekonomi kreatif ini justru menjadi bantalannya. Ini yang harus dikawal agar bisa pulih lebih cepat dari pandemi," ujar Sandiaga dalam jumpa pers Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia (Wolrd Conference on Creative Economy/WCEE) di Nusa Dua, Bali, Kamis (6/10/2022). 

Menparekraf menyebutkan, negara-negara di dunia mulai mengetatkan keuangannya sehingga pertumbuhan diprediksi akan melambat pada tahun 2023.

Dalam situasi itu, kemungkinan akan terjadi badai PHK, perusahaan-perusahaan akan mengurangi tenaga kerjanya. Situasi ini harus diwaspadai dan menjadi perhatian. 

Menurutnya, situasi pandemi yang mulai membaik telah membangkitkan industri kreatif. Bahkan tren menunjukan industri kreatif berkembang pesat dan membuka peluang lapangan kerja yang luas. 

Di tingkat global, sektor UMKM diprediksikan akan membuka 97 persen lapangan kerja baru.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: