Maroko Lockdown, Puluhan Warganya di Indonesia Dikumpulkan di Bali

Bagus Alit ยท Selasa, 07 April 2020 - 09:16 WIB
Maroko Lockdown, Puluhan Warganya di Indonesia Dikumpulkan di Bali
Warga Maroko dikumpulkan di Bali (Foto: iNews/Bagus Alit)

DENPASAR, iNews.id - Warga berkebangsaan Maroko tak bisa pulang ke negaranya lantaran pada 16 Maret pemerintah negara tersebut mengambil langkah lockdown. Saat ini sebanyak 60 orang warga Maroko pun masih bertahan di Bali.

Atas instruksi Kedutaan Besar Maroko di Jakarta, warga Maroko tersebut dikumpulkan di salah satu hotel di kawasan Kuta, Badung, Bali untuk menjalani isolasi mandiri.

Pengumpulan warga Maroko ini dilakukan untuk memudahkan kooordinasi maupun komunikasi terkait kebutuhan hidup selama di Indonesia maupun info pemulangan. Sebelumnya, puluhan warga Maroko ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Pihak hotel menerangkan, sebelum tempatnya dijadikan sentral isolasi mandiri puluhan warga Maroko, pihak kedutaan telah melakukan survei lokasi. Permintaan awal, pihak hotel hanya diminta untuk menyediakan 20 kamar.

"Total saat ini ada 60 orang. Mereka kebanyak makan di dalam hotel jadi memang enggak keluar," kata perwakilan pihak hotel Budiman Tanto Widjaja, Selasa (7/4/2020).

Sementara salah satu warga Maroko Bilad mengaku tetap ingin kembali ke negaranya. Sementara, dia sepakat dengan kedutaan untuk ditempatkan di lokasi yang sama dengan warga Maroko lainnya.

"Harapannya ini bisa cepat selesai dan semua departemen bisa melaksanakan tugasnya denga baik," ujarnya.


Editor : Nani Suherni