Manfaatkan Wifi Gratis, Siswa di Bali Belajar Daring dari Balai Desa

Bagus Alit ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 11:25 WIB
Manfaatkan Wifi Gratis, Siswa di Bali Belajar Daring dari Balai Desa
Sejumlah siswa di Banjar Petangan Gede, Denpasar, Bali memanfaatkan Wifi gratis di Balai Banjar untuk belajar daring. (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Sejumlah siswa di Denpasar, Bali memanfaatkan wifi gratis di balai desa untuk menunjang kegiatan belajar dari rumah. Fasilitas wifi gratis disediakan untuk memudahkan siswa menjalani kegiatan belajar daring selama pandemi.

"Kita coba fasilitasi internet melalui wifi gratis untuk anak-anak agar meringankan beban mereka," kata Kelian Adat Banjar Petangan Gede, Ubung Kaja, Denpasar, I Ketut Sumandi di lokasi, Selasa (21/7/2020).

Dia mengatakan, fasilitas wifi gratis sengaja disediakan banjar karena tak semua siswa memiliki akses internet di rumah. Selain itu, tak semua orang tua siswa memiliki kemampuan ekonomi untuk membeli kuota internet.

"Pengurus banjar bergotong-royong menyediakan fasilitas wifi gratis ini," ujarnya.

Menurutnya, sekitar 20 siswa setiap harinya memanfaatkan fasilitas wifi gratis ini untuk mengunduh materi-materi pelajaran yang diunggah sekolah secara daring.

"Mereka anak-anak biasanya datang untuk download materi, terus pulang. Nanti kembali ke sini lagi untuk kirim hasilnya lewat wifi lagi," tuturnya.

Mengingat keterbatasan tempat di balai banjar, penggunaan wifi tersebut dilakukan secara bergantian agar semua siswa di Banjar Petangan Gede bisa menggunakan fasilitas gratis itu. Tak lupa penerapan protokol kesehatan diterapkan selama berada di balai banjar.

"Jadi orang tua yang mengawasi selama anak-anak memanfaatkan wifi ini," tuturnya.

Sebelumnya, perangkat internet dan wifi di Banjar Petangan Gede ini dimanfaatkan untuk aktivitas Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang berjalan di Denpasar untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Setelah PKM berakhir, agar tidak terbengkalai begitu saja, warga berinisiatif untuk memanfaatkan perangkat internet dan wifi tersebut untuk memudahkan anak-anak di banjar yang menjalani kegiatan belajar daring.


Editor : Reza Yunanto