Luhut Soroti Restoran dan Beach Club di Bali Langgar Prokes : Tidak Ada Jaga Jarak

Dita Angga ยท Senin, 08 November 2021 - 17:10:00 WITA
Luhut Soroti Restoran dan Beach Club di Bali Langgar Prokes : Tidak Ada Jaga Jarak
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id -  Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah menurunkan tim untuk melihat pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di tempat tujuan wisata di Bandung dan Bali. Dia mengatakan di pusat perbelanjaan protokol kesehatan telah dilakukan dengan baik.

“PeduliLindungi diterapkan dengan ketat, masyarakat yang masuk menggunakan masker dan jam operasional juga sesuai dengan aturan. Selain itu tempat wisata juga relatif cukup baik,” kata Luhut dalam keterangan pers, Senin (8/11/2021).

Namun begitu diakuinya bahwa penerapan physical distancing atau jaga jarak masih lemah. Bahkan ada tempat wisata yang hanya melakukan scan peduliLindungi perwakilan saja.

“Hal ini tentunya akan menjadi evaluasi kami. Dan kami diskusikan lebih lanjut kepada seluruh pemangku kepentingan di masing-masing daerah dan sektor tersebut,” tuturnya.

Tempat lain yang masih terjadi pelanggaran prokes adalah beberapa restoran dan beach club di wilayah bali.

“Tidak ada psychical distancing dan enforcement dari pengelola untuk menerapkan prokes selama beraktivitas. Tidak ada paksaan scan QR code peduliLindungi. Sehingga angka tidak merepresentasikan kondisi lapangan,” ujarnya.

Luhut meminta agar pemda untuk berperan aktif, tegas dan menindak pelanggaran tersebut.

“Dan n wajib seluruh pengelola memiliki QR pedulilindungi dan memastikan tamu scan barcode tersebut,” katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: