KRI Slamet Riyadi 352 Akan Ditenggelamkan untuk Wisata Bawah Air di Bali

Antara ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 17:04 WITA
KRI Slamet Riyadi 352 Akan Ditenggelamkan untuk Wisata Bawah Air di Bali
KRI Slamet Riyadi-352 ketika masih bertugas. (Foto: dok. Koarmada 2 TNI AL).

DENPASAR, iNews.idBali bakal memiliki destinasi wisata baru. Bekas kapal perang milik TNI AL yaitu KRI Slamet Riyadi-352 akan ditenggelamkan untuk dijadikan wahana wisata bawah air di Kabupaten Karangasem.

"Tujuannya, eks KRI itu akan dapat meningkatkan destinasi pariwisata bawah air serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kadispen Lantamal V Mayor Laut (S) Nanang Permana dalam keterangan tertulis kepada media di Denpasar, Jumat (14/2/2020).

Nanang mengatakan, kesediaan TNI AL untuk memberikan bekas kapal perang KRI Slamet Riyadi itu karena ada permintaan dari Bupati Karangasem.

Bupati Karangasem pun, kata Nanang, telah menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mengabulkan permohonan dari Pemkab Karangasem tentang pemanfaatan kapal-kapal perang eks TNI AL sebagai sarana untuk destinasi pariwisata bawah air.

Nanang menjelaskan, sebelumnya TNI AL telah menyampaikan adanya delapan kapal TNI-AL yang rencananya akan dimanfaatkan untuk museum dan spot diving.

TNI AL juga telah melakukan rapat koordinasi membahas rencana penenggelaman KRI Slamet Riyadi itu.

“Diperlukan kerja sama dari semua Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah terkait untuk mempercepat proses dan merealisasikan rencana tersebut,” katanya.

Secara teknis, kata Nanang, rapat juga membahas Rencana Lokasi Penenggelaman Kapal-Kapal Perang Ex TNI-AL, proses survei lokasi, proses docking, pergeseran, penenggelaman dan rencana kalkulasi biaya penenggelaman kapal.


Editor : Reza Yunanto