KPU Denpasar Mulai Terima Berkas Calon Perseorangan

Antara ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 16:35 WIB
KPU Denpasar Mulai Terima Berkas Calon Perseorangan
Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya. (Foto: iNews.id/Bona Jaya)

DENPASAR, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Denpasar telah membuka masa pendaftaran calon perseorangan Pilkada 2020. Namun hingga hari kedua, belum ada satu pun peserta yang mendaftar.

"Hari ini adalah hari kedua masa penyerahan syarat dukungan calon perseorangan. Masa penyerahan dilaksanakan 19-23 Februari 2020," kata Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya, di Denpasar, Kamis (20/2/2020).

Wayan Arsa menuturkan, KPU Denpasar membuka waktu penyerahan syarat dukungan pada 19 sampai 22 Februari dari pukul 08.00-16.00 Wita. Khusus hari terakhir 23 Februari 2020 ditutup hingga pukul 24.00 Wita.

Dia menambahkan, untuk bisa maju sebagai calon perseorangan, seorang calon minimal harus mengantongi 39.452 dukungan KTP dengan sebaran sedikitnya di 3 kecamatan di Kota Denpasar.

Wayan Arsa mengatakan, dalam anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Denpasar, KPU Denpasar mengalokasikan 2 pasangan untuk calon perseorangan. Namun realisasinya sangat tergantung penetapan pasangan calon.

"Kemungkinan tiga pasangan calon dari partai politik jika melihat hasil perolehan kursi di DPRD Kota Denpasar. Satu parpol bisa mengusung calon sendiri, dan dua pasangan calon merupakan hasil koalisi parpol yang memperoleh kursi di DPRD," ucapnya.

Dia menuturkan, bagi calon perseorangan, setelah penyerahan syarat dukungan akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi jumlah dukungan dan verifikasi faktual.


Editor : Reza Yunanto