Koster Sebut Banyak Kematian Covid-19 di Bali akibat Masuk RS Sudah Parah

Dewi Umaryati ยท Rabu, 08 September 2021 - 14:35:00 WITA
Koster Sebut Banyak Kematian Covid-19 di Bali akibat Masuk RS Sudah Parah
Gubernur Bali Wayan Koster memberikan keterangan di Rumah Jayasabha. (iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster menyebut kasus Covid-19 di Bali terus melandai. Namun kasus kematian masih tinggi akibat terlambat masuk ke rumah sakit. 

"Saya perlu menyampaikan bahwa banyak kasus  kematian terjadi  karena  warga terlambat  melakukan testing swab PCR dan masuk ke rumah sakit dalam  kondisi  sudah parah, sehingga  sangat membahayakan nyawanya. Bahkan tidak bisa diselamatkan ketika mengalami perawatan di  rumah sakit," kata Koster di Rumah Jayasabha, Selasa (7/9/2021).

Petugas jenazah Covid-19 di RSUD Wangaya Denpasar. (Foto: iNews/Indira Arri)
Petugas jenazah Covid-19 di RSUD Wangaya Denpasar. (Foto: iNews/Indira Arri)

Koster meminta masyarakat yang mengalami gejala awal penularan Covid-19 seperti demam, pilek, batuk, sesak napas, serta hilang indera penciuman dan perasa agar segera melakukan tes swab berbasis PCR. 

"Bagi yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan agar segera berinisiatif melakukan isolasi terpusat (isoter) yang telah disiapkan pemerintah," kata Koster.

Koster mengingatkan wajib isoter bagi masyarakat yang terpapar Covid-19. Dilarang melakukan isolasi mandiri (isoman) agar tidak menularkan kepada keluarga yang lain.

Bagi yang terkonfirmasi  positif  Covid-19  dengan  gejala sedang  dan  berat,  agar segera ke rumah sakit rujukan di wilayah masing-masing guna menghindari  terjadinya kondisi yang memburuk dan membahayakan diri  sendiri. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: