Klaster Keluarga, 30 Orang di Gianyar Bali Positif Covid-19

Nyoman Astana ยท Selasa, 12 Januari 2021 - 18:17:00 WITA
Klaster Keluarga, 30 Orang di Gianyar Bali Positif Covid-19
Penyemprotan disinfektan di Desa Pejeng Kangin, Kabupaten Gianyar yang menjadi lokasi penyebaran Covid-19 klaster keluarga. (iNews.id/Nyoman Astana)

GIANYAR, iNews.id - Puluhan warga di Desa Pejeng Kanging, Kabupaten Gianyar terkonfirmasi positif Covid-19. Penularan terjadi akibat klaster keluarga.

"Kasus ini adanya di satu keluarga," katanya Ketua Harian Satgas Covid-19 Gianyar, I Made Wisnu Wijaya, Selasa (12/1/2021).

Dia mengatakan, setelah ditelusuri ternyata awal penularan kasus berasal dari anggota keluarga yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di RSUP Sanglah.

Total ada 30 warga desa tersebut yang terpapar Covid-19. Mereka berada di Banjar Pesalakan dan Banjar Pengembungan. Dua banjar itu disemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

Dari 30 orang yang positif tersebut, hanya dua yang menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan 28 lainnya menjalani karantina mandiri di hotel yang telah disiapkan Satgas Covid-19 Provinsi.

Kabar baiknya, sebanyak 13 orang dari 28 yang menjalani karantina di hotel tersebut sudah menjalanin tes swab lanjutan dan dinyatakan negatif.

Mereka yang sudah negatif itu kini melanjutkan isolasi di rumah masing-masing.

Wisnu Wijaya mengatakan, pada Kamis (14/1/2021) lusa, Satgas Covid-19 Gianyar akan melakukan rapid test antigen massal untuk warga dua banjar tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengetahui bila ada warga lain yang tertular tapi belum tertangani.

Editor : Reza Yunanto