RS Swasta di Buleleng Minta Dilibatkan Vaksinasi Covid-19

Pande Wismaya · Selasa, 12 Januari 2021 - 17:04:00 WITA
RS Swasta di Buleleng Minta Dilibatkan Vaksinasi Covid-19
Sekda Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa (Foto: Dok Pemkab Buleleng)

BULELENG, iNews.id - Sejumlah rumah sakit swasta di Kabupaten Buleleng, Bali minta dilibatkan dalam vaksinasi Covid-19. Permintaan itu mengemuka saat rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantor Bupati Buleleng.

"Tadi di rapat mereka yang usul agar dilibatkan dalam vaksinasi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Selasa (12/1/2020).

Suyasa menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengapresiasi permintaan tersebut. Kendati demikian Pemkab Buleleng meminta rumah sakit swasta yang berminat terlibat harus memenuhi persyaratan.

"Seperti prasarana dan SDM itu harus sudah disiapkan. Mereka nanti yang mengajukan usulan," ujarnya.

Meski swasta dilibatkan dalam vaksinasi, Suyasa menjamin tidak ada biaya apapun yang dibebankan kepada penerima vaksin. Dia menegaskan pemerintah pusat telah menegaskan bahwa vaksin ini diberikan gratis untuk masyarakat.

Suyasa menjelaskan, untuk vaksinasi Covid-19 di Buleleng sudah ditetapkan di 24 titik. Dua di antaranya yakni RSUD Buleleng dan RS TNI AD Wirasatya Singaraja. Permintaan rumah sakit swasta untuk terlibat di vaksinasi Covid-19 bisa dilakukan di tahap berikutnya.

Suyasa mengatakan vaksinasi Covid-19 di Buleleng akan dilakukan pada Februari 2021. Jatah vaksin yang diperoleh Buleleng sebanyak 3.676 vial dari sebelumnya 3.590 vial.

"Buleleng bulan Februari. Tahap satu termin kedua, kita dapatnya," tutur pria yang juga juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Buleleng ini.

Editor : Reza Yunanto