Kirab Panji-Panji I Gusti Ngurah Rai Tiba di Klungkung, Diterima Bupati Nyoman Suwirta

Antara ยท Selasa, 15 November 2022 - 01:14:00 WITA
Kirab Panji-Panji I Gusti Ngurah Rai Tiba di Klungkung, Diterima Bupati Nyoman Suwirta
Para pemuda dan pemudi Panca Marga (PPM) mengarak surat sakti dan bendera pusaka pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai yang tiba di Kabupaten Klungkung, Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA/Humas Pemkab Klungkung)

KLUNGKUNG, iNews.id - Kirab bendera atau panji-panji pataka dan surat sakti pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai tiba di Kabupaten Klungkung, Bali. Pataka yang datang dari Kabupaten Karangasem ini diterima langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Senin (14/11/2022).

Rangkaian acara ini digelar dalam upacara yang dilaksanakan di Alun-Alun Ida Dewa Agung Jambe, Klungkung, Bali. Bupati Nyoman Suwirta bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut.

Bupati mengatakan, semangat perjuangan dan pengorbanan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat menjadi teladan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Klungkung dalam mengisi pembangunan dengan spirit Gema Santi, terutama bagi generasi muda.

“Semangat juang para pahlawan menjadi teladan untuk bersama-sama berjuang bahu-membahu mengisi kemerdekaan dengan turut serta melakukan pembangunan di segala bidang dengan spirit Gema Santi," ujarnya, Senin (14/11/2022).

Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Klungkung Wayan Winatha menjelaskan, kirab ini bertujuan untuk mengenang perjuangan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Bali yakni I Gusti Ngurah Rai.

Kirab ini dalam rangka napak tilas yang awalnya dilepas Gubernur Bali Wayan Koster pada 10 November lalu. Kemudian secara bergilir mengunjungi semua kabupaten/kota di Provinsi Bali.

Sebelumnya, kirab bendera dan surat sakti pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai telah melalui kabupaten Jembrana, Buleleng, dan Karangasem. Selanjutnya menuju Bangli, Gianyar, Denpasar, Badung dan berakhir di Tabanan.

Setelah dilakukan kirab, bendera dan surat sakti pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai selanjutnya disemayamkan di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung. Di tempat ini, selanjutnya digelar sarasehan tentang kepahlawanan dengan menghadirkan peserta dari kalangan siswa.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: