Kasus Covid-19 Meningkat, Buleleng Bali Masuk Zona Merah

Pande Wismaya ยท Rabu, 09 September 2020 - 16:27 WITA
Kasus Covid-19 Meningkat, Buleleng Bali Masuk Zona Merah
Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa (Foto: Pemkab Buleleng)

BULELENG, iNews.id - Sempat zona oranye, Kabupaten Buleleng, Bali kini masuk zona merah penyebaran virus corona (Covid-19). Kasus positif Covid-19 di Buleleng dilaporkan terus meningkat.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa membenarkan jika Buleleng kini kembali masuk ke zona merah yang merupakan zona berisiko tinggi. Hal itu terjadi karena adanya peningkatan kasus positif dan pasien yang meninggal.

"Tapi ini dinamis dan tergantung kondisi di lapangan," kata Suyasa, Rabu (9/9/2020).

Menurut Suyasa penetapan zona itu sifatnya fluktuatif. Buleleng pernah ditetapkan sebagai zona merah, namun pernah juga menjadi zona oranye, bahkan zona kuning. Namun kondisi terakhir, dengan peningkatan kasus yang terjadi, bisa dimaklumi jika Buleleng kembali masuk ke zona merah berisiko tinggi penyebaran Covid-19.

Suyasa meyakini, zona merah di Buleleng bisa terlewati. Apalagi kini telah berlaku peraturan gubernur (Pergub) dan peraturan bupati (Perbup) yang lebih tegas mengontrol penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

"Mudah-mudahan setelah ini kita bisa landai lagi. Kami pemerintah yakin itu bisa mengurangi tingkat penularan," ujar pria yang juga Sekretaris Daerah Buleleng ini.

Mengutip data yang dilansir Pemerintah Provinsi Bali, jumlah kasus positif di Buleleng mencapai 709 orang. Dari jumlah itu, 596 dinyatakan sembuh, dan 13 orang meninggal dunia. Masih ada 100 orang yang menjalani perawatan.


Editor : Reza Yunanto