Kasus Covid-19 Meningkat, Bali Tambah 1.025 Tempat Tidur di Ruang Isolasi

Antara ยท Jumat, 11 September 2020 - 17:11 WITA
Kasus Covid-19 Meningkat, Bali Tambah 1.025 Tempat Tidur di Ruang Isolasi
Kepala Dinas Kesehatan Bali Ketut Suarjaya. (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menambah kapasitas tempat tidur di rumah sakit yang merawat pasien Covid-19. Hal itu dilakukan untuk menghadapi lonjakan kasus positif yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Kami sudah lakukan upaya penambahan kapasitas tempat tidur isolasi, sehingga mulai kemarin menjadi 1.025 tempat tidur," kata Kepala Dinas Kesehatan Bali, Ketut Suarjaya di Denpasar, Jumat (11/9/2020).

Menurut Suarjaya, kondisi ruang isolasi di sejumlah rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 saat ini selalu berubah. Karena itu solusi yang diambil Dinkes Bali untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yakni menambah kapasitas tempat tidur, dan bukan menambah lokasi ruang isolasi.

"Jadi sekarang bukan menambah lokasi, tapi tempat tidurnya ditambah di RS untuk melayani Covid-19," ujarnya.

Strategi lainnya yaitu melakukan distribusi pasien sesuai level kondisi kesehatan. Dinkes Bali telah membentuk tim manajemen untuk melakukan distribusi rujukan yang baik sehingga perkembangan pasien dapat diatur.

"Jadi pasien dengan gejala berat itu didistribusikan ke RSUP Sanglah. Sedangkan pasien yang sedang ke RS PTN Unud, termasuk RS Bali Mandara dan rumah sakit daerah. Kalau ringan ke RS lainnya," ujarnya.

Suarjaya menuturkan, saat ini ada 55 rumah sakit di Bali yang mampu menangani kasus Covid-19. Untuk mempercepat penyembuhan pasien positif, juga dilakukan imbauan kepada pasien yang telah sembuh untuk melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan tersebut dipersiapkan untuk terapi plasma darah konvalesen untuk membantu penyembuhan.

"Kami juga terus mengedukasi mereka yang sudah sembuh COVID-19 kemudian kita siapkan di setiap tempat karantina dan rumah sakit ketika ada yang bersedia untuk donor," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto