Kasus Covid-19 Melandai, Buleleng Masuk Zona Kuning

Pande Wismaya ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 16:13:00 WITA
Kasus Covid-19 Melandai, Buleleng Masuk Zona Kuning
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (dok iNews.id)

BULELENG, iNews.id - Kabupaten Buleleng menjadi satu-satunya daerah di Bali yang masuk ke zona kuning Covid-19. Pencapaian itu tak terlepas dari penurunan angka penularan Covid-19 di Buleleng.

"Ini tidak terlepas dari upaya edukasi ke masyarakat tentang protokol kesehatan dan mendapat support betul dari TNI, Polri, dan Satpol PP," kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Kamis (29/10/2020).

Dia mengatakan, kerja keras tersebut terlihat dari keseriusan meredam setiap kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19. Di antaranya menertibkan kerumunan yang terjadi pada upacara adat, keagamaan, termasuk tradisi tajen yang ada di masyarakat.

"Desa adat juga support sekali hal ini," ujarnya.

Kendati demikian, dia tak ingin larut dalam keberhasilan menurunkan status penyebaran Covid-19 dari yang semula zona merah ke oranye lalu kuning. Situasi yang sudah melandai ini sewaktu-waktu bisa saja terjadi lonjakan kasus lagi jika masyarakat tak tertib dengan protokol kesehatan.

"Kita nggak boleh berbesar hati dulu. Ini tergantung konsistensi kita.

Dalam laporan yang dilansir Gugus Tugas Covid-19 per 28 Oktober 2020, Buleleng berada di zona kuning. Sedangkan delapan daerah lain di Bali masih berada di zona oranye dengan resiko sedang penularan Covid-19.


Editor : Reza Yunanto