Kabupaten Tabanan Bali Waspada DBD, Penderita Merata di Tiap Kecamatan

Okezone ยท Senin, 10 Februari 2020 - 14:15 WIB
Kabupaten Tabanan Bali Waspada DBD, Penderita Merata di Tiap Kecamatan
Nyamuk penyebab DBD (dok iNews.id)

TABANAN, iNews.id – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Tabanan dilaporkan meningkat di musim penghujan. Penderita penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti itu merata di tiap kecamatan.

"Memang musim hujan seperti ini, jumlah menderita DBD akan meningkat. Penderita DBD hampir merata di seluruh Kecamatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Nyoman Suratmika, Minggu (9/2/2020).

Suratmika menambahkan, kasus DBD ditemukan merata di seluruh kecamatan terutama di wilayah Kecamatan Tabanan, Kediri, Kerambitan dan Selemadeg. Selain itu juga ada laporan kasus dari Kecamatan Penebel, dan Marga.

Menurut Surtamika, dari kasus DBD yang terjadi di Tabanan, kebanyakan masih masuk grade II, yaitu penderita mengalami demam tinggi dan trombosit turun. Namun banyak pula yang sudah masuk grade III, hingga harus menjalani rawat inap di rumah sakit atau Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap.

Menurutnya, pihaknya terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Untuk pencegahan, juga telah dilakukan fogging atau pengasapan di lokasi yang ditemukan penderita DBD positif. Selain itu juga dilakukan pemberian bubuk abate di lokasi yang diduga menjadi sarang nyamuk.


Editor : Reza Yunanto