Jembrana Punya Lab PCR, Hasil Tes Covid-19 Bisa Diketahui 3-6 Jam Saja

Nyoman Sudika ยท Jumat, 09 April 2021 - 10:55:00 WITA
Jembrana Punya Lab PCR, Hasil Tes Covid-19 Bisa Diketahui 3-6 Jam Saja
Laboratorium PCR di RSU Negara, Jembrana. (Foto: iNews.id/Nyoman Sudika)

JEMBRANA, iNews.id - Kabupaten Jembrana, Bali kini memiliki laboratorium PCR Covid-19 di Rumah Sakit Umum (RSU) Negara. Hasil tes Covid-19 di Jembrana bisa lebih cepat diketahui.

"Sekarang untuk mengetahui hasil tes Covid-19 lebih lebih cepat. Sebelum ada laboratorium ini kita harus menunggu beberapa hari karena sample swab harus dibawa dulu ke Denpasar," kata Bupati Jembrana I Nengah Tamba di Negara, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya dengan keberadaan laboratorium itu, hasil tes Covid-19 di Jembrana bisa diketahui dalam waktu tiga hingga enam jam. Hal ini sekaligus bisa mempercepat penanganan pasien Covid-19.

Secara umum kasus Covid-19 sedang menurun. Selain penerapan protokol kesehatan, Jembrana juga mempercepat vaksinasi dengan pola mendatangi langsung masyarakat di wilayah-wilayah yang dianggap rentan penyebaran virus tersebut.

"Dua hari ini tidak ada pasien Covid-19 yang masuk ke RSU Negara. Kami berharap tren ini terus berlanjut sehingga kondisi dan situasi semakin membaik," katanya.

Sementara itu Pelaksana Tugas Direktur RSU Negara, dr Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan laboratorium PCR tersebut mampu menguji 93 sampel swab dalam sehari.

Menurutnya penanganan Covid-19 di RSU Negara bisa menjadi lebih cepat karena tindakan isolasi bisa dilakukan segerat terhadap pasien yang sudah pasti tertular virus tersebut.

"Laboratorium dioperasikan sejumlah petugas yang sudah mendapatkan pelatihan di RS Bali Mandara. Lima tenaga analis, dua orang tenaga administrasi di bawah pengawasan dokter spesialis patologi," katanya.

Editor : Reza Yunanto