Imbas Kebakaran Pasar Blahbatuh Gianyar, Ratusan Pedagang Akan Direlokasi

Ketut Catur Kusumaningrat ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 09:55:00 WITA
Imbas Kebakaran Pasar Blahbatuh Gianyar, Ratusan Pedagang Akan Direlokasi
Pasar Blahbatu Gianyar terbakar, Selasa (15/6/2021) sore. Ratusan pedagang akan direlokasi. (Foto: iNews.id/Ketut Catur)

GIANYAR, iNews.id - Kebakaran dahsyat di Pasar Blahbatuh Gianyar pada Selasa sore membuat ratusan pedagang tak bisa berjualan. Mereka akan direlokasi ke lokasi terdekat agar tetap bisa berjualan.

"Ini luar biasa berat beban buat para pedagang. Untuk itu kita siapkan relokasi," kata Bupati Gianyar Made Mahayastra di lokasi, Selasa (15/6/2021) malam.

Menurutnya, lokasi pasar sementara itu tak jauh dari Pasar Blahbatuh sehingga pedagang tidak perlu khawatir dan tetap bisa berjualan lagi. Total ada 629 pedagang yang akan direlokasi ke lokasi pasar sementara yang berada di sebelah barat Pasar Blahbatuh.

Mahayastra menjelaskan, Pasar Blahbatuh menurut rencana memang akan dilakukan revitalisasi untuk menjadi kawasan taman. Sedangkan pasar dipindah ke lokasi lain. Namun rencana itu tertunda karena pandemi Covid-19 melanda Bali.

"Dalam perencanaan yang kita buat, pasar ini memang mau kita pindahkan. Namun tidak terdesak seperti sekarang ini," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pasar Blahbatuh Gianyar terbakar hebat pada Selasa sore. Sebanyak 602 kios hangus dilalap api.

Kepala Dinas Damkar Gianyar I Made Watha mengatakan, api yang diperkirakan berasal dari bagian belakang pasar dengan cepat membesar dan meluas. Hanya sedikit barang pedagang yang berhasil diselamatkan. 

Pemadaman berlangsung lama karena luasnya wilayah yang terbakar. Puluhan mobil pemadam kebakaran dari beberapa kabupaten di Bali sampai dikerahkan ke lokasi.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: