Hobi Pelihara Glider, IRT di Denpasar Kini Untung Berlipat saat Pandemi Covid

Indira Arri ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 05:26 WITA
Hobi Pelihara Glider, IRT di Denpasar Kini Untung Berlipat saat Pandemi Covid
IRT asal Denpasar, Novia Megawati merasakan manisnya hobi memelihara sugar glider yang kini menjadi ladang bisnisnya di masa pandemi Covid. (Foto: iNews/Indirra Ari)

DENPASAR, iNews.id - Berawal dari hobi memelihara sugar glider, Novia Megawati, warga Denpasar kini sukses berbisnis binatang lucu asli Papua. Di masa pandemi Covid-19 ini, penjualan binatang mirip tupai itu bahkan laris manis.

Dari hobinya itu, Novia kini menangguk keuntungan berlipat. Dalam sebulan, ibu rumah tangga itu (IRT) bisa menjual hingga 15 ekor dari beberapa jenis glider dengan kisaran harga mulai Rp600.000 hingga Rp4 juta.

Jumlah penjualan itu naik 50 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi yang rata-rata hanya mampu menjual 10 ekor glider.

“Ya, ada peningkatan permintaan dari masyarakat untuk memelihara glider selama pandemi covid ini,” katanya, Senin (12/10/2020).

Novia menuturkan, awal menggeluti hobi sugar glider itu dimulai pada tahun 2017 lalu. Saat itu, dia bersama suaminya hanya memelihara satu pasang. Setahun kemudian, hewan lucu peliharaannya beranak pinak dan mulai bingung merawat karena jumlahnya semakin banyak.

“Saya dan suami sempat bingung mau diapakan glider-glider itu. Lalu, coba saya tawarkan melalui media social,” ucapnya.

Bak gayung bersambut, setelah ditawarkan melalui media sosial ternyata minat pembeli cukup besar. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas itu, Novi pun mulai serius melakukan breeding atau ternak hewan bernama latin petaurus breviceps itu.

Kini, dari keuletan dan kecintaannya terhadap hewan glider, Novi sudah sudah memiliki indukan sugar glider berjumlah 20 pasang.


Editor : Kastolani Marzuki