Hari Ini Jerinx Hadapi Sidang Perdana Kasus 'IDI Kacung WHO'

Reza Yunanto ยท Kamis, 10 September 2020 - 08:30 WITA
Hari Ini Jerinx Hadapi Sidang Perdana Kasus 'IDI Kacung WHO'
Jerinx akan menjalani sidang perdana ujaran kebencian 'IDI Kacung WHO' di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis, 10 September 2020.

DENPASAR, iNews.id - I Gede Ari Astina alias Jerinx hari ini akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali. Persidangan digelar secara daring (online) mulai pukul 10.00 WITA.

Ketua PN Denpasar Sobandi menjelaskan, sidang Jerinx digelar secara daring mempertimbangkan penerapan protokol kesehatan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Bali.

Bagi masyarakat yang hendak mengikuti persidangan drummer Superman Is Dead ini, bisa mengakses siaran langsung melalui link https://youtu.be/xG0ueLequV0.

“Silakan mengakses link yang sudah kita siapkan dan tidak perlu datang ke pengadilan,” kata Sobandi, Rabu (9/9/2020) kemarin.

Ketua PN Denpasar Soebandi. (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)
Ketua PN Denpasar Sobandi. (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)

Persidangan Jerinx akan dipimpin majelis hakim yang terdiri atas Ida Ayu Adnya Dewi, I Made Pasek, dan I Dewa Made Budi Watsara. Sementara tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang mendakwa Jerinx merupakan gabungan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Jerinx, I Wayan Suardana memastikan kliennya akan didampingi oleh 13 orang pengacara selama persidangan. Salah satu yang siap mendampingi Jerinx di pengadilan yakni pengacara senior Sugeng Teguh Santosa.

"Beliau advokat yang sudah sering melakukan pembelaan hukum kaum marjinal, dan kasus-kasus yang berdimensi politik," kata pria yang akrab disapa Gendo ini.

Gendo menilai, kasus yang menjerat Jerinx tak semata kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Menurutnya, kasus yang menjerat Jerinx sudah campur baur dengan hal lain di luar penegakan hukum.

Istri Jerinx, Nora Alexandra mendatangi Pengadilan Negeri Denpasar untuk mengajukan penangguhan penahanan, Rabu (9/9/2020). (iNews.id/Indira Arri)
Istri Jerinx, Nora Alexandra mendatangi Pengadilan Negeri Denpasar untuk mengajukan penangguhan penahanan, Rabu (9/9/2020). (iNews.id/Indira Arri)

Jerinx menjadi tersangka terkait cuitan 'IDI Kacung WHO'. Dia dijerat pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE), juncto pasal 64 ayat 1 KUHP atau pasal 27 ayat 3, juncto pasal 45 ayat 3 UU ITE, juncto pasal 64 ayat 1 KUHP. Dia terancam hukuman enam tahun penjara.

Sehari sebelum persidangan, istri Jerinx, Nora Alexandra mengupayakan penangguhan suaminya. Bersama tim kuasa hukum, model cantik itu datang ke PN Denpasar untuk mengajukan penangguhan penahanan.

"Saya mengajukan penangguhan penahanan untuk suami saya. Alasannya karena dia tulang punggung keluarga," ujar Nora di PN Denpasar.


Editor : Reza Yunanto