Gubernur Wayan Koster Gelar Bulan Bahasa Bali Mulai 1 Februari

Antara ยท Rabu, 22 Januari 2020 - 16:05 WIB
Gubernur Wayan Koster Gelar Bulan Bahasa Bali Mulai 1 Februari
Gubernur Bali Wayan Koster (dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.id – Gubernur Bali Wayan Koster akan menggelar kegiatan bertajuk Bulan Bahasa Bali 2020. Kegiatan ini bagian dari pelaksanaan Pergub Nomor 80 Tahun 2018 yang mengatur tentang perlindungan dan penggunaan bahasa, aksara, dan sastra Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemprov Bali, I Wayan Adnyana mengatakan, Bulan Bahasa akan digelar selama sebulan mulai tanggal 1 sampai 27 Februari.

Menurut Adnyana, Gubernur Koster akan membuka langsung Bulan Bahasa ini di Taman Budaya Bali di Denpasar dengan tema, “Melarapan Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kertih.”

"Tema ini mengandung visi bagaimana kita memuliakan dan menyucikan jiwa atau atma. Sedangkan maskotnya Manuk Dewata, yaitu burung yang akan mengantar atma ke surga," kata Adnyana menjelaskan.

Pembukaan Bulan Bahasa Bali 2020 akan meliputi Utsawa Nyurat Lontar yang akan diikuti 2020 peserta dari unsur mahasiswa, pelajar, dan penyuluh bahasa Bali dan pagelaran Prabu Aji Saka yang menceritakan lahirnya aksara Bali yang berjumlah 18.

Adnyana menambahkan, tema Atma Kertih dalam Bulan Bahasa Bali 2020 diterjemahkan di antaranya dalam 17 ragam wimbakara (lomba), tiga krialoka (lokakarya) dan empat kali widyatula (diskusi) tematik berkaitan dengan tafsir dan referensi kepustakaan mengenai tema atma kertih, dan prasara (pameran) dengan peserta perguruan tinggi, organisasi bahasa, serta perajin.

Dia mengatakan, pada penutupan Bulan Bahasa Bali 2020 tanggal 27 Februari, Gubernur Koster akan menyerahkan penghargaan Bali Kerthi Nugraha Mahottama kepada tokoh atau penggiat pengembangan bahasa, aksara dan sastra Bali.


Editor : Reza Yunanto