Gubernur Koster Siapkan Nama Pejabat Sementara Bupati Badung dan Karangasem

Antara ยท Senin, 07 September 2020 - 18:15 WITA
Gubernur Koster Siapkan Nama Pejabat Sementara Bupati Badung dan Karangasem
Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan keterangan pers. (Ist)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster menyiapkan enam nama yang akan menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Karangasem dan Badung. Enam nama tersebut akan mengisi kekosongan kepala daerah yang cuti untuk maju kembali dalam Pilkada 2020.

"Karena Bupati Karangasem dan Bupati Badung ini maju lagi, jadi harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Bali, I Ketut Sukra Negara, di Denpasar, Senin (7/9/2020).

Dia mengatakan, selama kepala daerah cuti, maka harus ditunjuk pejabat sementara bupati untuk memastikan pemerintahan daerah tetap berjalan.

Sukra menambahkan, nama-nama yang diajukan Gubernur Koster untuk menjadi pejabat bupati di Kabupaten Karangasem dan Badung adalah birokrat di lingkungan Pemprov Bali dengan kualifikasi memegang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

"Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama ini bisa kepala biro, kepala badan, ataupun kepala dinas," ucapnya.

Dia mengatakan, enam nama itu nantinya akan disetor ke Menteri Dalam Negeri untuk dipilih satu.

Menurutnya, Pjs Bupati Karangasem dan Bupati Badung akan bertugas selama masa kampanye Pilkada 2020 yakni dari 26 September hingga 5 Desember 2020.

"Setelah masa kampanye, nanti kembali bupati petahana menjabat sebagai bupati karena masa cutinya sudah habis," ujarnya.

Seperti diketahui Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta kembali maju dalam Pilkada Badung berpasangan dengan Wakil Bupati I Ketut Suiasa. Sedangkan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri juga maju lagi sebagai calon Bupati Kabupaten Karangasem menggandeng Nyoman Sukarena sebagai calon wakil bupati.


Editor : Reza Yunanto