Gencarkan Sidak, Bupati Badung Giri Prasta Turun Langsung Razia Masker di Kuta

Bagus Alit ยท Senin, 14 September 2020 - 11:17 WITA
Gencarkan Sidak, Bupati Badung Giri Prasta Turun Langsung Razia Masker di Kuta
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta turun langsung melakukan sidak masker di kawasan Kuta, Minggu (13/9/2020). (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali menggencarkan razia masker untuk memastikan warga mematuhi protokol kesehatan. Tindakan itu dilakukan mengingat kasus Covid-19 di Bali mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir.

Pantauan iNews.id, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta turun langsung dalam razia pada Minggu (13/9/2020) malam di sejumlah kawasan yang ramai oleh wisatawan.

Dalam razia yang digelar di kawasan Kuta, Satgas menemukan sejumlah warga yang tidak patuh protokol kesehatan karena tak memakai masker.

Namun mereka yang tak memakai masker tak langsung dikenakan denda Rp100.000. Mereka hanya mendapat teguran lisan dan dicatat namanya.

"Implementasi di lapangan kami beri peringatan secara lisan dan tertulis, sekaligus kami berikan masker. Kalau besok ditemukan lagi, baru dikenakan denda," kata Bupati Giri Prasta, Minggu (13/9/2020) malam.

Dia menambahkan, seluruh aktivitas warga dipantau melalui ruang pantau yang ada di setiap wilayah kecamatan terdiri atas Satpol PP, Polsek, dan Koramil setempat. Mereka yang ditemukan tak memakai masker lagi pada saat razia berikutnya, bisa langsung dikenakan denda.

Setelah melakukan razia di sejumlah kawasan terbuka, tim Satgas berlanjut melakukan razia di sejumlah kafe dan restoran yang ramai pengunjung.

Tak cuma pengunjung yang mendapat teguran karena tak memakai masker, pengelola tempat usaha juga mendapat teguran bila kedapatan mengabaikan protokol kesehatan.

Sejumlah kafe dan restoran yang didatangi Satgas melakukan pelanggaran diberi waktu sepekan untuk menerapkan protokol kesehatan.


Editor : Reza Yunanto