Gelombang Tinggi Picu Abrasi Pantai Kuta, Pohon Perindang Roboh

Bagus Alit ยท Rabu, 18 November 2020 - 10:13:00 WITA
Gelombang Tinggi Picu Abrasi Pantai Kuta, Pohon Perindang Roboh
Gelombang tinggi air laut mengikis pasir dan merobohkan pohon perindang di Pantai Kuta, Bali. (iNews.id/Bagus Alit)

BADUNG, iNews.id - Cuaca ekstrem dan gelombang tinggi yang terjadi di perairan Bali membuat objek wisata Pantai Kuta di Kabupaten Badung mengalami abrasi. Sejumlah pohon perindang yang tertanam di pesisir pantai roboh diterjang air laut.

Pantauan iNews.id, Rabu (18/11/2020), sejumlah pohon perindang di pesisir pantai tampak tumbang setelah beberapa hari diterjang gelombang tinggi air laut. Gelombang tinggi juga terus mengikis pasir hingga menyebabkan abrasi di sepanjang pantai.

Pemandangan mencolok yakni jalan berlapis paving yang berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai, kini sudah tak terlihat lantaran tertutup pasir.

"Di sepanjang pesisir Pantai Kuta dari Kauh sampai ke utara panjangnya 1 kilometer ini abrasinya sudah sangat memprihatinkan," kata Kepala Desa Adat Kuta, Wayan Wasista.

Dia mengatakan kondisi ini kalau dibiarkan begitu saja akan semakin parah. Dia meminta Pemerintah Kabupaten Badung segera bertindak dengan kembali melakukan pengisian pasir.

Langkah itu menurutnya perlu dilakukan agar kawasan Pantai Kuta yang menjadi andalan pariwisata tetap terjaga estetikanya.

"Ini Pantai Kuta bisa habis. Lakukan kembali pengisian kembali pengisian pasir yang pernah dilakukan tahun 2008 dulu," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: