Evakuasi KMP Dharma Rucitra, Sejumlah Mobil Dikeluarkan dari Lambung Kapal

Yunda Ariesta ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 12:54 WIB
Evakuasi KMP Dharma Rucitra, Sejumlah Mobil Dikeluarkan dari Lambung Kapal
Proses Evakuasi mobil dalam lambung KMP Dharma Rucitra yang kandas di Pelabuhan Padangbai, Bali, Selasa (23/6/2020). (iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id - Evakuasi KMP Dharma Rucitra yang kandas di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali dilanjutkan. Sejumlah kendaraan yang terjebak di dalam lambung kapal mulai dikeluarkan untuk memudahkan evakuasi kapal.

Pantauan iNews.id, sebuah alat pengangkut berada di dermaga II lokasi kandasnya KMP Dharma Rucitra. Alat tersebut kemudian mengangkat keluar mobil yang terjebak dalam lambung kapal.

"Mobil sampai saat ini sudah kita evakuasi sekitar enam unit," kata kordinator tim evakuasi, Abdul Halik di lokasi, Selasa (23/6/2020).

Dia mengatakan, sebelum mengeluarkan kendaraan, terlebih dahulu tim evakuasi mengeluarkan muatan lain yang ada di dalam kapal seperti puluhan ton jagung dalam karung. Menurutnya saat ini sudah 20 persen muatan di lambung kapal yang sudah dikeluarkan.

Menurut informasi, evakuasi muatan kapal nahas tersebut masih akan berlangsung hingga lima hari ke depan. Setelah seluruh muatan kapal dikeluarkan, berikutnya dilanjutkan dengan evakuasi kapal dengan cara mengapungkan kapal dan dibawa ke tengah Selat Lombok.

KM Dharma Rucitra mengalami kebocoran di bagian lambung saat merapat di Pelabuhan Padangbai, Jumat (12/6/2020) malam sekitar pukul 21.50 WITA. Akibatnya, kapal miring dan nyaris tenggelam. Seluruh awak kapal dan penumpang berhasil dievakuasi.


Editor : Reza Yunanto