Dokter Gigi Positif Corona di Denpasar Diduga Tertular karena Transmisi Lokal

dewi umaryati ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 06:56 WIB
Dokter Gigi Positif Corona di Denpasar Diduga Tertular karena Transmisi Lokal
Ilustrasi virus corona (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Seorang dokter gigi di Kota Denpasar, Bali positif terjangkit virus corona. Dokter gigi perempuan berusia 26 tahun itu sehari-hari bekerja di salah satu rumah sakit swasta yang berada di Denpasar.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai membenarkan informasi ini. Dia menuturkan, dokter gigi tersebut merupakan warga Desa Padangsambian Kelod.

Bahkan kasus positif corona di Denpasar hari ini menurutnya ada dua orang. Selain dokter gigi perempuan, ada juga seorang laki-laki berusia 38 tahun yang bekerja di salah satu BUMN.

“Benar, baru saja kami mendapatkan laporan dari tim surveilence bahwa ada penambahan kasus positif Covid-19 warga yang berdomisili di Desa Dangin Puri Klod dan Desa Padangsambian Kelod," katanya ketika dikonfirmasi, Jumat (22/5/2020).

Dewa Rai menjelaskan, dokter gigi yang terkonfirmasi positif corona itu tinggal di Desa Padangsambian Kelod. Sedangkan pegawai BUMN yang juga positif corona itu berdomisili di Desa Dangin Puri Klod.

Menurutnya, kedua pasien positif corona terbaru dari Denpasar ini tercatat sebagai kasus positif corona akibat transmisi lokal.

"Dilihat dari penularannya merupakan kasus transmisi lokal," ujarnya.

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai mengingatkan kasus transmisi lokal di Denpasar menunjukkan tren meningkat selama empat hari terakhir. Keberadan Orang Tanpa Gejala (OTG) menjadi ancaman penularan baru virus corona.

"Untuk itu perlu tetap meningkatkan kewaspadaan. Hal inilah juga yang mendasari penerapan Perwali Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Kota Denpasar," ujarnya.

Sebelum dokter gigi ini, seorang dokter residen di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah juga dinyatakan positif terjangkit corona pada Jumat (21/5/2020).

Sehari sebelumnya, seorang perempuan yang bekerja sebagai staf laboratorium di rumah sakit yang sama juga terkonfirmasi positif mengidap virus corona.

Dari hasil tracing di rumahnya, dia diduga menularkan virus ke anaknya yang berusia 10 tahun yang juga terkonfirmasi positif terjangkit corona.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto