Disebut Gantikan Wahyu Setiawan di KPU, Dewa Raka Sandi Mengaku Belum Terima Info PAW

Antara ยท Sabtu, 11 Januari 2020 - 12:58 WIB
Disebut Gantikan Wahyu Setiawan di KPU, Dewa Raka Sandi Mengaku Belum Terima Info PAW
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. (Foto: Bawaslu Bali)

DENPASAR, iNews.id – I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi disebut akan menggantikan Wahyu Setiawan yang terkena OTT KPK, sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, ia mengaku belum menerima info resmi soal pergantian antarwaktu itu.

"Sampai saat ini belum. Kiranya proses masih berjalan. Kita hormati mekanisme yang berlaku," kata Raka Sandi, di Denpasar, Jumat (10/1/2020) malam.

Anggota Bawaslu Provinsi Bali ini meminta, agar soal PAW ini menunggu keputusan resmi KPU. Dirinya berharap, semua proses bisa berjalan dengan baik.

Soal penunjukkan dirinya sebagai pengganti Wahyu Setiawan itu, jika memang itu benar, hal itu akan dibahas dalam rapat Bawaslu Bali.

"Hal itu sebagai etika dan kesantunan dalam kelembagaan," ucap Raka Sandi yang sebelumnya pernah menjadi Ketua KPU Bali ini.

BACA JUGA: I Dewa Kade Wiarsa Gantikan Wahyu Setiawan sebagai Komisioner KPU

BACA JUGA: Wahyu Setiawan Resmi Mengundurkan Diri dari KPU

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, akan menggantikan jabatan komisioner KPU Wahyu Setiawan yang telah mengundurkan diri usai ditetapkan sebagai tersangka suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu merujuk pada aturan penentuan pergantian antarwaktu (PAW) komisioner KPU.

Arief menuturkan, saat pemungutan suara pemilihan komisioner pada 2017 lalu, Raka Sandi berada pada posisi ke-8 dengan raihan 21 suara.

Terkait penetapan dan pelantikan Raka Sandi untuk menjadi Komisioner KPU, kata Arief, sepenuhnya menjadi wewenang Presiden Joko Widodo.

"Memang tidak diatur batas waktunya (kapan dilantik), jadi kami serahkan sepenuhnya kepada Bapak Presiden," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto