Deretan Taman Bermain Ramai Dulunya tapi Kini Sepi Mirip Kuburan, Ada Cerita Menarik

Hanna Ratih Aninditya ยท Kamis, 03 November 2022 - 17:33:00 WITA
Deretan Taman Bermain Ramai Dulunya tapi Kini Sepi Mirip Kuburan, Ada Cerita Menarik
Taman bermain yang dulunya ramai kini sepi mirip kuburan. (Foto: Instagram @itsmesenacf).

JAKARTA, iNews.id- Taman bermain yang dulunya ramai, kini sepi mirip kuburan. Tempat wisata tersebut awalnya kerap menjadi pilihan destinasi wisata bagi sebagian orang.  

Ada banyak tema yang ditawarkan theme park ini, mulai dari wahana air hingga tema permainan yang menguji adrenalin.

Namun, pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020 berimbas pada bisnis taman bermain. Beberapa terpaksa ditutup permanen karena tidak mampu membayar biaya operasional karena kehilangan pengunjung.

Berikut beberapa tempat wisata yang dulu ramai dan hits sekarang sepi seperti kuburan:

1. Taman Air Snowbay

Dulunya merupakan destinasi waterpark yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kini terpaksa dihentikan operasionalnya setelah pandemi Covid-19 menyebar dan TMII resmi diambil alih oleh pemerintah.

Saat masih beroperasi, Snowbay Water Park sangat ramai dikunjungi orang karena memiliki fasilitas permainan yang lengkap.  Di antara mereka, dua wahana yang paling terkenal, yaitu Hurricane slide dan Cool Running.

Seiring dengan renovasi TMII, Snowbay Water Park yang sudah dua tahun nganggur akan disulap menjadi lahan parkir.

2. Wisata Kampung Gajah

Terletak di Kabupaten Bandung Barat, ditutup sejak 2017 karena pailit. Daerah itu kemudian dibiarkan begitu saja sehingga taman hiburan unik yang terkenal pada masanya itu kini terlihat berantakan dan angker.  

Kawasan wisata keluarga seluas 60 hektare ini pernah dipagari patung gajah di pinggir jalan sebagai ikon. Selain itu, di tempat tersebut dulunya juga menawarkan wahana dan taman rekreasi air.

3. Taman Remaja Surabaya

Sempat menjadi kebanggaan warga Surabaya. Pengunjung dapat menikmati 20 wahana di sana. Kini taman hiburan yang berdiri sejak 1971 itu ditutup oleh pemerintah setempat karena kerja sama dengan pengelola telah berakhir.

Keberadaan taman bermain yang dulunya ramai, berakhir sejak 2018 kini sepi mirip kuburan. Namun, menurut kesaksian warga, mereka masih suka mendengar riuh dan suara musik dari TRS di malam hari yang seolah dihidupkan kembali.

4. Taman Air Fantasi Depok

Dikenal dengan Aladin Waterpark dikabarkan ditutup karena terdampak pandemi. Pelopor taman rekreasi air di Kota Depok, Jawa Barat tersebut akan dialihfungsikan menjadi kompleks perumahan.

Bahkan, sebelum ditutup, Aladin Waterpark yang berdiri sejak 2008 itu selalu ramai dikunjungi pengunjung, terutama anak-anak.  Menghadirkan nuansa Timur Tengah, waterpark yang luas ini memiliki beragam wahana mulai dari seluncuran tinggi, air mancur, ember tumpah, dan lainnya.

5. Taman Festival Bali

Merupakan taman bermain yang dulunya ramai, kini sepi mirip kuburan. Dahulu banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, kini tempat rekreasi ini lebih populer sebagai spot foto tempat terbengkalai.  

Tanaman merambat, semak-semak, dan grafiti yang memenuhi tempat itu memberikan nuansa yang memukau namun eksotis.

Terletak tidak jauh dari Pantai Sanur, Bali, tempat ini diklaim sebagai taman festival yang populer saat itu. Namun, akibat krisis, Taman Festival harus gulung tikar pada 1999 meski baru dibuka selama dua tahun.

Menariknya, setelah ditinggalkan, Bali Festival Park justru menjadi lokasi wisata horor karena suasananya yang mencekam. Bahkan, pengunjung yang ingin wisata horor di sini dikenakan biaya Rp10.000 untuk sekali masuk.

Nah itulah lima taman bermain ramai dulunya tapi kini sepi mirip kuburan. 

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsBali di Google News

Bagikan Artikel: