Dengar Suara Ayam Tengah Malam, Warga Jembrana Bali Temukan Ular Sanca 4 Meter

Nyoman Sudika · Kamis, 07 Oktober 2021 - 17:11:00 WITA
Dengar Suara Ayam Tengah Malam, Warga Jembrana Bali Temukan Ular Sanca 4 Meter
Ular sanca kembang sepanjang 4 meter dan berat 30 kg ditemukan sedang memangsa ayam di kandang milik warga Jembrana, Bali. (Foto: iNews/Nyoman Sudika)

JEMBRANA, iNews.id - Seorang warga Jembrana, Bali menemukan ular sanca sepanjang empat meter di kandang ayam miliknya. Ternyata ular tersebut memangsa ayam yang ada di kandang tersebut.

Warga tersebut awalnya mendengar suara ayam tengah malam, Rabu (6/10/2021). Curiga dengan hal tersebut, dia memeriksa kandang ayam miliknya dan menemukan seekor ayam miliknya sudah dimangsa ular.

Pemilik ayam kemudian menghubungi Damkar Jembrana. Petugas yang tiba di lokasi berusaha mengevakuasi ular dari kandang. 

"Ularnya panjang empat meter dengan berat sekitar 30 kilogram kami evakuasi dari kandang ayam warga," kata Kasatpol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya, Kamis (7/10/2021).

Ukuran ular dan keterbatasan peralatan membuat evakuasi berjalan dramatis. Ular sanca kembang dengan nama latin malayopyhton reticulatus itu akhirnya bisa dikeluarkan dari kandang ayam.

Diduga ular sepanjang empat meter dan berat sekitar 30 kilogram itu datang dari Sungai Ijogading yang berada di dekat rumah warga tersebut.

Saat ini ular tersebut telah diserahkan ke BKSDA Pos Jembrana. Menurut rencana akan dilepasliarkan ke hutan Taman Nasional Bali Barat.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: