Curiga Muncul Bau Menyengat, Warga Karangasem Gali Tanah dan Temukan Sumber Minyak

Yunda Ariesta ยท Minggu, 20 September 2020 - 10:04:00 WITA
Curiga Muncul Bau Menyengat, Warga Karangasem Gali Tanah dan Temukan Sumber Minyak
Galian tahan muncul sumber minyak di Dusun Labuan, Desa Antiga, Karangasem, Bali (Foto:

KARANGASEM, iNews.id - Curiga mencium bau menyengat, warga di Dusun Labuan, Desa Antiga, Karangasem, Bali, nekat menggali tanah di lokasi tersebut. Namun, mereka kaget karena muncul sumber minyak.

Kegiatan penggalian tanah itu sudah berlangsung lebih dari lima hari lalu. Sekarang, secara bergilir warga memanen minyak dari sebuah lahan kosong di kawasan tersebut.

"Ini ada kurang lebih lima hari, orang-orang yang pada mancing bilang ada bau, kami gali ada kaya gini (minyak)," ujar warga, Nengah Wenten.

Dengan alat seadanya, belasan jeriken sudah diangkur warga. Mereka menduga minyak bercampur air itu jenis solar ini. Warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan tersebut berencana menggunakan minyak untuk menghidupkan mesin kapal.

Warga menduga, sumber minyak berasal dari kebocoran sumur bor dari depo Pertamina yang ada di dekat lahan kosong tersebut. Mereka juga telah mencoba melapor ke depo Pertamina tapi belum mendapat tanggapan.

Warga yang tinggal di dekat lahan kosong tersebut merasakan khawatir. Apalagi, bau minyak tersebut menyengat.

"Ada bau awalnya, jadi warga gali-gali di sini ramai-ramai terus dapat ini. Warga sini khawatir juga," ucap warga, Wayan Gulo.

Editor : Nani Suherni