Cerita Kertanegara Taklukkan Semenanjung Melayu dan Bali saat Berkuasa di Singasari

Avirista Midaada · Senin, 22 Agustus 2022 - 07:48:00 WITA
Cerita Kertanegara Taklukkan Semenanjung Melayu dan Bali saat Berkuasa di Singasari
Raja Kertanegara (Okezone/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kerajaan Singasari berada di puncak kejayaannya di masa Raja Kertanegara. Di masa raja Kertanegara inilah Singasari juga sekaligus mengalami kemunduran pasca mendapat serangan dari Jayakatwang. 

Raja Kertanegara yang bertahta di Kerajaan Singasari dikisahkan memiliki darah Ken Arok dan Tunggul Ametung. Hal ini sebagaimana dikisahkan pada buku "Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan" dari Muhammad Syamsuddin. 

Ayah Kertanegara adalah Wisnuwardhana, yang merupakan keturunan dari Tunggul Ametung, sedangkan sang ibu bernama Waning Hyun adalah putri dari Mahisa Wunga Teleng, putra sulung Ken Arok hasil pernikahannya dengan Ken Dedes. Waning Hyun sendiri memiliki gelar Jayawardhani.

Raja Kertanegara memiliki istri bernama Sri Bajradewi, dan empat orang anak perempuan bernama Tribhuwaneswari, Narendraduhita, Jayendradewi, dan Gayatri. 

Kertanegara awalnya terlebih dahulu diangkat menjadi yuwaraja atau semacam camat di Kediri pada 1254 Masehi. Kebetulan saat itu Kediri, merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Singasari. Sementara Kerajaan Singasari diperintah oleh Raja Wisnuwardhana. 

Saat memerintah ada dua gelar berbeda yang dicatat oleh dua prasasti berbeda. Berdasarkan prasasti Mula Malurung memiliki gelar Sri Maharaja Sri Lokawijaya Purusottama Wira Asta Basudewadhipa Aniwariwiryanindita Parakrama Murddhaja Namottunggadewa.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: