Cerita Anggota Polda Bali di Afrika, Terjebak Konflik Kelompok Bersenjata

Antara ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:25:00 WITA
Cerita Anggota Polda Bali di Afrika, Terjebak Konflik Kelompok Bersenjata
Situasi di Afrika Tengah. (Foto: Istimewa).

DENPASAR, iNews.id - Seorang personel Polda Bali yang tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara menjaga perdamaian di Afrika Tengah menceritakan pengalamannya. Ketika itu rombongan yang ditumpanginya terjebak konflik kelompok bersenjata.

Personel yang tergbung dalam FPU 11 Unamid, Iptu I Made Suweca mengatakan, pengalaman yang tak pernah dilupakannya ketika terjebak di tengah-tengah konflik itu.

"Kami pernah terjebak di tengah-tengah konflik antarkelompok bersenjata di daerah Yakite, saat melaksanakan patroli sehingga kami keluar dari zona konflik tersebut," kata Iptu Suweca di Kota Denpasar, Bali, Selasa (20/10/2020).

Menurut dia, anggota satgas yang berjumlah 140 orang ini merupakan pasukan pertama yang menjalankan misi perdamaian di Afrika Tengah. Masih belum ada camp mereka.

"Sebagai pasukan pertama, tentu sangat berat dijalani. Kami Sempat kaget karena belum ada tempat beristirahat di sana, yang ada hanya hamparan tanah kosong," ujar dia.

Selama tiga bulan terakhir, para prajurit ini tinggal di tenda-tenda sambil menunggu camp berdiri. Mereka juga diliputi rasa khawatir, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Anjuran menggunakan masker dari pemerintah tetap ada tetapi masyarakat di sana kurang peduli. Jangankan untuk membeli masker, untuk makan saja mereka sulit," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal