Bupati Buleleng Beri Tunjangan Tambahan untuk Tenaga Medis yang Rawat Pasien Covid-19

Antara ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 14:58 WIB
Bupati Buleleng Beri Tunjangan Tambahan untuk Tenaga Medis yang Rawat Pasien Covid-19
Bupati Buleleng Bali Putu Suradnyana. (Foto: Sindonews.com)

BULELENG, iNews.idBupati Buleleng Putu Agus Suradnyana akan memberi tunjangan tambahan Jasa Pelayanan (Jaspel) untuk tenaga medis yang menangani kasus virus korona (covid-19) di Kabupaten Buleleng. Selain tunjangan juga akan dijamin asuapn gizinya selama bertugas.

"Beban tinggi dipikul para tenaga medis di Kabupaten Buleleng sehingga mereka memang selayaknya diberi tunjangan jaspel, baik tenaga medis yang bertugas di RSUD Buleleng maupun RS Pratama Giri Emas, Sawan," kata Suradnyana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/3/2020).

Dia menjelaskan, pemberian jaspel akan dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati yang antara lain berisi besaran yang wajar untuk jaspel yang akan diterima.

"Ini dilakukan, mengingat para pasien COVID-19 dibebaskan dari biaya atau gratis. Jangan sampai nanti ada anggapan bahwa pasien COVID-19 gratis, sehingga para tenaga medis tidak mendapatkan jaspel," katanya.

Dia menjamin nilai jaspel yang dituangkan dalam SK Bupati tersebut telah dibuat secara wajar. Selain jaspel, para tenaga medis ini juga akan diperhatikan asupan gizinya.

Menurutnya, asupan gizi yang baik akan membuat imun tubuh dari para tenaga medis ini lebih kuat.

"Saya juga perhatikan asupan gizi mereka. Asupan gizi yang baik akan membuat mereka menjadi fit. Saya akan perhatikan itu semua," ucapnya.

Saat ini di Kabupaten Buleleng masih ada 4 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus korona. Keempatnya masih diisolasi sambil menunggu hasil tes mereka keluar.


Editor : Reza Yunanto