Buleleng Zona Merah, Pecalang Turun ke Pasar Ingatkan Penggunaan Masker

Pande Wismaya ยท Selasa, 15 September 2020 - 14:35 WITA
Buleleng Zona Merah, Pecalang Turun ke Pasar Ingatkan Penggunaan Masker
Ilustrasi pecalang.

BULELENG, iNews.id - Sejumlah desa adat di Kabupaten Buleleng, Bali menurunkan pecalang ke pasar-pasar memastikan penerapan protokol kesehatan. Tindakan itu dilakukan karena Buleleng kini berada dalam zona merah karena peningkatan kasus positif dan kematian akibar Covid-19.

"Pagi ini kita melakukan ke pasar-pasar yang ada di Buleleng mengimbau sekaligus mengedukasi warga agar taat menggunakan masker," kata Kelian Desa Adat Buleleng, Nyoman Sutrisna, Selasa (15/9/2020).

Dia mengatakan, ada tiga pasar di Singaraja, Buleleng yang dijadikan sasaran pecalang menertibkan penggunaan masker. Tiga pasar tersebut yakni Pasar Buleleng, Pasar Anyar, dan Pasar Kebonsari.

Menurutnya, pecalang turun langsung ke pasar-pasar untuk melakukan edukasi dan mengingatkan warga tentang protokol kesehatan. Apalagi menjelang perayaan Galungan, kondisi pasar sangat ramai dengan kehadiran warga.

"Selain penggunaan masker kami juga mengedukasi protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, penyemprotan, dan yang paling utaman jaga jarak serta memakai masker," tuturnya.

Dia mengingatkan, kasus Covid-19 di Buleleng saat ini masih tinggi. Warga diminta patuh menerapkan protokol kesehatan yang telah disepakati bersama dalam Perarem maupun peraturan pemerintah.

"Mari kita taat perturan pemerintah termasuk Perarem yang sudah disepakati bersama," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto