Bule Australi Instruktur Kelas Orgasme Terancam Tindakan Pidana Keimigrasian

Chusna Mohammad, dewi umaryati · Sabtu, 06 Maret 2021 - 00:13:00 WITA
Bule Australi Instruktur Kelas Orgasme Terancam Tindakan Pidana Keimigrasian
Petugas Imigrasi mendatangi vila tempat bule Australia yang akan membuka kelas orgasme di Ubud, Bali. (Foto: ist)

DENPASAR, iNews.id – Andrew Irvine Barnes (50), bule Australia yang bikin gaduh dengan rencana membuka kelas orgasme di Ubud, Bali terancam tindakan imigrasi. Apa bentuknya, imigrasi akan menunggu hasil pemeriksaan polisi. 

"Nantinya hasil pemeriksaan (polisi) bisa digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindakan administrasi hingga pidana keimigrasian," kata Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk, Jumat (5/3/2021). 

Dia mengungkapkan, keberadaan Andrew awalnya ditemukan petugas imigrasi. Warga negara Australia itu sedianya akan dibawa ke kantor imigrasi. 

Namun sekitar 20 menit kemudian sejumlah petugas dari kepolisian juga tiba di lokasi. Setelah dilakukan koordinasi, Andrew lalu dibawa ke Polres Gianyar. 

Menurut Jamaruli, polisi berkepentingan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya pelanggaran tindak pidana umum. 

Sedangkan pihaknya akan melakukan pendalaman untuk memastikan ada tidaknya penyalahgunaan ijin tinggal atau tindak pidana imigrasi. "Kita belum tahu seperti apa sebenarnya praktik ini," ujarnya. 

Sebelumnya, Andrew Irvin Barnes, warga negara asing (WNA) yang membuat gaduh dengan rencana menggelar kelas orgasme di Ubud, Bali, ditangkap polisi, Jumat (5/3/2021) malam. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2