Bersiap New Normal, Pecalang di Desa Adat Bali Patroli Penggunaan Masker

Pande Wismaya ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 14:21 WIB
Bersiap New Normal, Pecalang di Desa Adat Bali Patroli Penggunaan Masker
Pecalang di Desa Adat Pekraman, Buleleng, Bali, gencar patroli masker (Foto: iNews/Pande Wismaya)

BALI, iNews.id - Rencana pemerintah menerapkan kehidupan new normal disambut baik warga Desa Adat Pekraman, Buleleng, Bali. Warganya saat ini mulai disiplin untuk mengenakan masker setiap beraktivitas di luar.

Dari pantauan iNews, pecalang setiap waktu bergerak keliling wilayah, baik di pasar di pertokoan hingga obyek wisata. Mereka menjadi garda terdepan dalam mendisiplinkan warga untuk penggunaan masker.

Pecalang akan memberikan masker kepada warga yang tak mengenakan. Pihak desa adat juga menggunakan pengeras suara keliling wilayah dengan imbauan untuk mengikuti protokol kesehatan.

Salah satu warga Kadek Suar mengaku tidak ada paksaan mengenakan masker. Dia tahu bahwa virus corona (Covid-19) berbahaya sehingga terus menerapkan protokol kesehatan.

"Corona itu sangat membunuh, jadi tolong jagalah kesehatan untuk sesama masyarakat," katanya.

Kelian Desa Adat Pekraman, Nyoman Sutrisna setuju adanya new normal. Namun, Nyoman mencatat masih ada sedikit warga yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

"Hanya sebagian kecil warga yang tak mengenakan masker. Harapannya bisa berjalan dengan baik, tapi kita semua harus taati protokol kesehatan," katanya.


Editor : Nani Suherni