Bendera Merah Putih Dibentangkan Sepanjang Pantai Kuta hingga Legian Bali

I Gusti Bagus Alit Sidi W ยท Sabtu, 17 Agustus 2019 - 10:01 WIB
Bendera Merah Putih Dibentangkan Sepanjang Pantai Kuta hingga Legian Bali
Bendera Merah Putih terbentang di pinggir Pantai Kuta hingga Legian, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (17/8/2019). (Foto: iNews/I Gusti Bagus Alit Sidi W)

BADUNG, iNews.id – Ribuan bendera Merah Putih dibentangkan sepanjang 2 kilometer (km) di pinggir Pantai Kuta hingga Pantai Legian, Kuta, Kabupaten Badung Bali, Sabtu pagi (17/8/2019). Kegiatan ini untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 dan menggelorakan semangat nasionalisme.

Pembentangan bendera melibatkan para pelajar, ratusan anggota organisasi masyarakat (ormas), dan prajurit Kodam IX Udayana. Sejumlah warga negara asing (WNA) pun ikut berpartisipasi membentangkan bendera Merah Putih.


Bendera Merah Putih terbentang di pinggir Pantai Kuta hingga Legian, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (17/8/2019). (Foto: iNews/I Gusti Bagus Alit Sidi W)

Kibaran Merah Putih di sepanjang pantai ini membuat suasana terasa khidmat. Terasa kian khidmat saat prosesi penghormatan kepada bendera Merah Putih sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sejumlah wisatawan asing turut larut dalam prosesi tersebut dan ikut berdiri untuk memberikan penghormatan kepada bendera kebanggaan Indonesia.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto yang memimpin prosesi tersebut mengatakan, kegiatan itu digelar untuk menggugah rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia di tengah peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Kegiatan itu sekaligus untuk menanamkan kembali nilai-nilai wawasan kebangsaan dan cinta Tanah Air kepada para generasi muda Indonesia.


Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto. (Foto: iNews/I Gusti Bagus Alit Sidi W).

Melalui kegiatan ini, generasi muda kembali diingatkan bahwa 74 tahun yang lalu, bangsa Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya. Kemerdekaan itu diraih dengan perjuangan para pahlawan, tetesan darah, keringat, air mata, jiwa dan raga.

“Dari tempat yang kecil ini, ternyata masyarakat Kuta mencoba menyuntikkan motivasi nasionalisme bangsa. Meski kegiatan ini kecil, tapi strategis bagi bangsa ini,” kata Mayjen TNI Benny Susianto.

Sementara Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kuta I Gusti Agung Made Agung mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut juga tak terlepas dari peran serta para penyedia akomodasi wisata di kawasan wisata Kuta. Masing-masing hotel berpartisipasi menyediakan lima bendera dan 15 orang untuk membentangkannya.

“Pembentangan bendera Merah Putih ini sepanjang kurang lebih 2 kilometer,” kata Ketua LPM Kuta I Gusti Agung Made Agung.


Salah satu warga yang ikut membentangkan Merah Putih, Made Suryata mengaku, keikutsertaannya merupakan salah satu bukti dan untuk menunjukkan cintanya pada Indonesia.

“Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang sangat menakjubkan ini. Ini lah kebanggaan saya, ini lah cinta saya kepada Indonesia,” ujar Made Suryata.

Prosesi pembentangan bendera ini ternyata menarik minat wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Bali untuk mengabadikan momen langka tersebut. Beberapa di antaranya mengaku bersyukur bisa melihat secara langsung momen saat masyarakat Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan.

“Kami di India juga selalu merayakan hari kemerdekaan. Saya ikut senang bisa merayakan kemerdekaan Indonesia di sini,” kata WNA asal India Jacky Parwani.

Selain pembentangan bendera dalam ukuran besar, kegiatan juga dimeriahkan pengibaran ribuan bendera Merah Putih berukuran kecil dan sedang. Setelah sukses membentangkan bendera sepanjang 2 km, tahun depan LPM Kuta kembali berencana membentangkan bendera dengan ukuran yang lebih besar serta melibatkan lebih banyak orang.


Editor : Maria Christina