Begini Kondisi Kawah Dasar Laut Diduga Lokasi Badan Tekan KRI Nanggala Terkubur

Antara, Chusna Mohammad ยท Selasa, 18 Mei 2021 - 19:33:00 WITA
Begini Kondisi Kawah Dasar Laut Diduga Lokasi Badan Tekan KRI Nanggala Terkubur
Penampakan kawah (crater) di dasar laut diduga lokasi badan tekan (pressure hold) KRI Nanggala terkubur. (Foto: Sindonews/Chusna)

DENPASAR, iNews.id - Badan tekan (pressure hold) KRI Nanggala 402 belum ditemukan. Badan tekan tersebut diduga terkubur di kawah dasar laut berdiameter 38 meter dengan kedalaman 10-15 meter yang sulit ditembus.

"Lokasi badan tekan atau pressure hold secara pasti belum dapat digambarkan kami hanya memperkirakan saja. Saat ini mungkin ada di kawah (crater) tersebut, " kata Panglima Komando Armada II, Laksamana Muda Iwan Isnurwanto dalam konferensi pers di Denpasar, Selasa (18/5/2021).

Dia menjelaskan, di dalam kawah tersebut bukanlah batu melainkan lumpur sehingga ada kemungkinan badan tekan tertimbun lumpur.

"Ini adalah lumpur, ada tonjolan, mungkin mereka tertimbun lumpur," ujarnya.

Serpihan KRI Nanggala yang berhasil diangkat. (Antara)
Serpihan KRI Nanggala yang berhasil diangkat. (Antara)

Menurutnya kawah tersebut ditemukan kapal-kapal Angkatan Laut China yang terlibat dalam pencarian dan evakuasi. Meski sudah menggunakan sonar beam, namun belum bisa memastikan isi kawah tersebut. 

"Mereka dengan jujur masih belum bisa menemukan di mana posisinya itu dan rentang waktu operasi selesai dilakukan dalam kondisi seperti ini," katanya.

Sebelumnya TNI AL telah menemukan tiga bagian utama KRI Nanggala 402 yakni akni haluan (bow section), anjungan (sail section), dan buritan (stern section).

Bagian KRI Nanggala 402 yang paling memungkinkan untuk diangkat yakni anjungan (sail section) dan buritan (stern section).

"Mereka kesulitan mengangkat. Yang bisa diangkat sail section dan stern section. Kalau sudah bisa diangkat akan dibawa ke Lanal terdekat di Banyuwangi," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: