get app
inews
Aa Text
Read Next : Kisah Ki Joko Bodo Lahir di Bali saat Gunung Agung Meletus, Pilih Berhenti Jadi Paranormal

Bandara Ngurah Rai Siapkan Pelayanan Penumpang Terdampak Gunung Agung

Senin, 27 November 2017 - 10:33:00 WITA
Bandara Ngurah Rai Siapkan Pelayanan Penumpang Terdampak Gunung Agung
Gunung Agung, Karangasem Bali. (Foto: iNews/Muhammad Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyiapkan pelayanan penumpang yang gagal berangkat karena bandara ditutup selama 24 jam akibat terdampak sebaran abu vulkanik Gunung Agung.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi menjelaskan, pelayanan tersebut meliputi penanganan calon penumpang yang akan mengurus pengembalian uang tiket dan menjadwal ulang atau mengubah rute penerbangan melalui bandara terdekat.

“Pihak bandara menyiapkan sejumlah petugas dan sarana prasarana pendukung seperti meja pelayanan calon penumpang, komputer dan fasilitas lain, sesuai dengan maskapai penerbangan masing-masing baik di terminal domestik dan internasional,” kata Yanus Suprayogi di Denpasar, Senin (27/11/2017).

Pihak bandara juga menyiapkan pemberian kupon makan untuk penumpang yakni sekitar 2.000 kupon untuk domestik dan 4.000 kupon untuk internasional. Bagi calon penumpang yang ingin berangkat melalui bandara terdekat, pihak bandara bekerja sama dengan instansi terkait mengevakuasi mereka ke terminal untuk melalui jalur darat dan menyeberang melalui Pelabuhan Gilimanuk.

Penanganan calon penumpang tersebut telah dibahas jauh-jauh hari sejak status Gunung Agung siaga termasuk ketika pengalaman serupa terjadi saat Gunung Raung di Jawa Timur dan Gunung Barujari di Lombok, NTB mengalami erupsi.

Sebelumnya Kepala Balai Pengelola Tansportasi Darat Wilayah Bali dan NTB Agung Hartono dalam rapat koordinasi antisipasi siaga darurat Gunung Agung di gedung "Emergency Operation Center" Bandara I Gusti Ngurah Rai mengatakan Kementerian Perhubungan menyiapkan sekitar 300 bus yang disiagakan untuk melayani penumpang. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi, Kota Denpasar dan Organda yang paling berperan serta Damri.

Apabila calon penumpang ingin meneruskan perjalanan dengan jalan darat, maka mereka dapat menggunakan bus yang diantarkan melalui tiga titik terminal di antaranya Ubung Denpasar, Mengwi di Kabupaten Badung dan Pelabuhan Benoa Denpasar. Di Bali terdapat sekitar 2.300 bus yang terdiri dari 1.800 bus pariwisata dan 500 bus antarkota antarprovinsi.

Editor: Maria Christina

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut