Bandara Ngurah Rai Pasang Scanner Suhu Tubuh Antisipasi Wabah Pneumonia dari China

Antara ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 12:45 WITA
Bandara Ngurah Rai Pasang Scanner Suhu Tubuh Antisipasi Wabah Pneumonia dari China
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (Foto: Alit Sidi/iNews)

DENPASAR, iNews.idWabah penyakit pneumonia merebak di China. Mengantipasi penyebaran penyakit berbahaya itu di Bali, di Bandara Ngurah Rai telah dipasang alat pendeteksi suhu tubuh (scanner).

"Jadi thermal scanner (pemindai suhu tubuh) sudah terpasang dari mulai 4 Januari 2019 dan pengaktifannya itu disesuaikan dengan epidemiologi dunia, misalnya di mana ada penyakit dan ada penerbangan ke Bali pasti akan kita intensifkan lagi," kata Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah Pelabuhan Kelas I Denpasar Putu Alit Sudarma di Denpasar, Minggu (19/1/2020).

Menurut Alit, scanner suhu tubuh itu telah dipasang di gerbang 16 dan 17 pintu kedatangan internasional Bandara Udara Ngurah Rai.

Kantor Kesehatan Pelabuhan telah berkoordinasi dengan otoritas bandara untuk mengarahkan wisatawan mancanegara yang akan masuk ke Bali melewati gerbang tersebut.

Saat melewati scanner suhu tubuh itu, orang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius akan cepat.

"Kalau misalnya di atas 38 derajat celsius kami lakukan anamnesis lebih lanjut untuk memastikan apakah 38 derajat itu disebabkan oleh penyakit yang kami curigai atau penyakit biasa,” katanya.

Jika suhu tubuh di atas 38 derajat itu, dicurigai karena penyakit pneumonia, maka orang tersebut akan langsung dikirim ke RSUP Sanglah.

“Tapi kalau itu bukan penyakit yang kami curigai kami akan obati biasa," ujarnya menjelaskan.

Menurut Alit, tak hanya terhadap orang asing yang mesuk ke wilayah Bali saja, pengawasan ketat itu dilakukan. Namun juga terhadap lalu lintas sarana pengangkutan yang datang dari daerah wabah.

"Misalnya ada kapal yang datang dari sana, kami amati dengan cermat. Tapi sejauh ini, di bulan Januari belum ada kapal yang datang dari China," katanya.


Editor : Reza Yunanto