Bandara Ngurah Rai Antisipasi WNA dengan Riwayat Perjalanan dari India

Bagus Alit · Rabu, 28 April 2021 - 09:33:00 WITA
Bandara Ngurah Rai Antisipasi WNA dengan Riwayat Perjalanan dari India
Layanan Rapid Test Antigen di Bandara Ngurah Rai Bali untuk wisatawan yang akan masuk ke Bali. (iNews.id/Bagus Alit)

DENPASAR, iNews.id - Pengelola Bandara Ngurah Rai di Bali mengantisipasi kedatangan warga negara asing (WNA) dari India. Pengawasan juga dilakukan bagi penumpang WNA yang punya riwayat perjalanan ke India 14 hari terakhir.

Saat ini Bandara Ngurah Rai memang belum membuka rute penerbangan internasional. Kendati demikian pembatasan sementara bagi WNA India atau yang pernah ke India tetap dilakukan seperti pengetatan terhadap WNA yang datang ke Bali.

"Pengetatan berlaku seperti biasa. Ketika penumpang datang kita minta tunjukkan PCR negatif," tutur Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Rabu (28/4/2021).

Dia menjelaskan, sesuai regulasi yang berlaku semua penumpang wajib menunjukkan PCR negatif dan e-HAC ketika tiba di Bandara Ngurah Rai. Bila itu bisa ditunjukkan, penumpang tersebut diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke Bali.

Bagi WNA yang masuk ke Bali diberlakukan seperti Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN). Apabila telah mendapat visa yang dikeluarkan Imigrasi maka bisa melanjutkan perjalanan ke Bali.

"Bali belum untuk penerbangan internasional. Warga india tentu tidak langsung ke Bali. Selama yang bersangkutan memiliki visa yang diterbitkan imigrasi kita tak bisa menolak. Sama halnya dengan pelaku perjalanan dalam negeri," tuturnya.

Data di Imigrasi Ngurah Rai saat ini terdapat 475 warga negara India berada di Bali. Namun mereka sudah bertahun-tahun di Bali karena bekerja atau menetap bersama suami/istri warga negara Indonesia.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: