Bali Punya Laboratorium PCR di RSUD Mangusada Badung

Antara ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 18:52 WITA
Bali Punya Laboratorium PCR di RSUD Mangusada Badung
RSUD Mangusada Badung akan memiliki Laboratorium PCR untuk memeriksa sampel swab. (Foto: Humas Pemkab Badung)

BADUNG, iNews.id - Bali akan memiliki laboratorium PCR baru untuk mendeteksi Covid-19. Laboratorium tersebut berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mangusada di Kabupaten Badung.

"Kami perkirakan tanggal 17 Oktober, lab PCR sudah dapat diuji coba," ujar Direktur RSUD Mangusada, dr I Ketut Japa di Mangupura, Selasa (13/10/2020).

Selain melakukan uji coba alat PCR, juga akan dilakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang akan mengoperasikan alat PCR tersebut.

Dia mengatakan, dengan alat PCR tersebut, RSUD Mangusada menargetkan pemeriksaan 90 sampel swab tiap hari. Dengan target tersebut diharapkan penanganan Covid-19 di Kabupaten Badung bisa lebih cepat.

Diakui dia, penanganan Covid-19 di Badung selama terkendala oleh waktu pemeriksaan swab yang harus dikirim ke laboratorium lain dan memakan waktu hingga 4-7 hari.

Dengan adanya laboratorium PCR di RSUD Mangusada, dia meyakini pemeriksaan sampel swab bisa selesai paling cepat 8-9 jam pada hari yang sama.

"Dengan begitu kami dapat memastikan pasien terkena Covid-19 atau tidak,. Sehingga penanganan pasien akan lebih cepat apakah nantinya mereka dipulangkan atau dikarantina," tuturnya.

Laboratorium PCR di RSUD Mangusada ini menambah tiga laboratorium sejenis yang ada di Bali, yakni di RSUP Sanglah, RS PTN Unud, dan Universitas Warmadewa.


Editor : Reza Yunanto