Bali Dibuka untuk Turis Asing 1 Desember? Ini Kata Wagub Cok Ace

Aris Wiyanto ยท Selasa, 10 November 2020 - 13:15:00 WITA
Bali Dibuka untuk Turis Asing 1 Desember? Ini Kata Wagub Cok Ace
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. (iNews.id/Bona Jaya)

DENPASAR, iNews.id - Kabar Bali akan dibuka untuk wisatawan mancanegara pada 1 Desember 2020 masih dalam tahap kajian. Pemerintah pusat belum memutuskan untuk membuka akses penerbangan internasional ke Bali.

"Belum (dibuka). Kita masih tahap kajian," kata Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana di Denpasar, Selasa (10/11/2020).

Dia mengatakan, keputusan untuk membuka Bali bagi wisatawan mancanegara merupakan kewenangan pemerintah pusat. Sebab hal itu menyangkut hubungan antarnegara.

Pria yang biasa disapa Cok Ace ini menuturkan, yang bisa dilakukan Bali saat ini adalah memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik oleh objek wisata dan industri pariwisata terkait.

"Kalau Bali, kita hanya memastikan bagaimana protokol kesehatan itu konsekuen diterapkan di objek-objek wisata, hotel, dan semua stakeholder terkait," ujarnya.

Sebelumnya beredar kabar rute penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali akan kembali dibuka pada 1 Desember 2020. Namun rencana pembukaan penerbangan dari dan ke Bali itu masih dalam tahap kajian bersama pemerintah pusat dan provinsi Bali.

Bali telah membuka pariwisata untuk wisatawan domestik pada 1 Agustus 2020. Untuk wisatawan mancanegara semula akan dibuka pada September 2020. Namun rencana itu dibatalkan karena pemerintah pusat belum membuka akses penerbangan internasional ke Bali.

Editor : Reza Yunanto