Analisis Penyebab Gempa Bali Hari Ini, Dipicu Aktivitas Sesar Patahan Lokal

Reza Yunanto · Sabtu, 16 Oktober 2021 - 13:18:00 WITA
Analisis Penyebab Gempa Bali Hari Ini, Dipicu Aktivitas Sesar Patahan Lokal
Episenter gempa Bali bermagnitudo 4,8 pada Sabtu (16/10/2021) pagi berada di kompleks Gunung Agung dan Gunung Batur. (Foto: Twitter @DaryonoBMKG)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Karangasem Bali, Sabtu (16/10/2021) pagi. Gempa dangkal dengan kedalaman 10 km itu dirasakan dampaknya di Karangasem, Bangli, Denpasar, hingga ke Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono memberikan analisis penyebab gempa tersebut.

Daryono mengatakan, dengan memperhatikan mekanisme sumber gempa, tampak bahwa penyebab gempa tersebut akibat aktivitas sesar/patahan aktif lokal. 

"Memperhatikan mekanisme sumber Gempa Bali M4,8 yang merusak pagi ini, tampak bahwa gempa yang terjadi diakibatkan oleh aktivitas sesar/patahan aktif lokal, bukan akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Aec Thrusting)," ujar Daryono dikutip dari akun Twitter miliknya @DaryonoBMKG, Sabtu (16/10/2021).

Daryono menambahkan, ada dugaan penyebab gempa pagi tadi juga akibat migrasi magma yang memicu sesar lokal di kompleks gunung api yaitu Gunung Agung dan Gunung Batur.

"Meski ada dugaan karena lokasi episenter di kompleks gunung api Agung-Batur, bisa jadi ada kaitan dengan migrasi magma yang men-trigger aktivitas sesar lokal," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: