8 Kasus Korupsi di Bali Belum Tuntas, KPK Siap Bantu Penyidikan

Chusna Mohammad ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 18:50:00 WITA
8 Kasus Korupsi di Bali Belum Tuntas, KPK Siap Bantu Penyidikan
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dan Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra. (Foto: MNC/Chusna)

DENPASAR, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap membantu penyidikan delapan perkara korupsi yang ditangani Polda Bali. Bantuan KPK diharapkan bisa mempercepat penanganan kasus.

"Ada delapan SPDP yang disampaikan Polda Bali. Ini menjadi perhatian kami. Apabila ada hambatan kami siap membantu Polda Bali," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango di Polda Bali, Kamis (13/2/2021). 

Delapan kasus itu saat ini tengah dalam penyidikan Polda Bali dan lima Polres, yaitu Badung, Tabanan, Gianyar, Karangasem dan Bangli. Polres Karangasem dan Bangli masing-masing menangani dua kasus. 

Menurut Nawawi, KPK punya fungsi melakukan supervisi atas sejumlah perkara tindak pidana korupsi yang ditangani aparat penegak hukum lain maupun yang terjadi di daerah. Dia meminta Polda Bali mempertahankan kinerja terkait pemberantasan korupsi. 

"Kita juga mencatat sejumlah kendala yang dialami penyidik Tipikor di lingkungan Polda," ujarnya.

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan, delapan dugaan kasus korupsi yang saat ini ditangani adalah perkara sejak 2020 sampai sekarang. Kasus itu masih dalam tahap penyidikan dan belum ada penetapan tersangka. 

Dia mengungkapkan, penyidikan butuh waktu lama salah satunya karena menunggu hasil audit BPK terkait kerugian keuangan negara. 

"Dari koordinasi tadi kami mendapat gambaran dan solusinya. KPK juga siap membantu," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: