600.000 Warga Bali Sudah Divaksin, Wagub Cok Ace : Capaian Tertinggi di Indonesia

Antara ยท Minggu, 18 April 2021 - 10:33:00 WITA
600.000 Warga Bali Sudah Divaksin, Wagub Cok Ace : Capaian Tertinggi di Indonesia
Wagub Bali Cok Ace mendampingi Presiden Joko Widodo saat memantau vaksinasi massal. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id - Warga Bali yang sudah menerima vaksin Covid-19 mencapai 600.000 orang dari total 4,32 juta penduduk. Jumlah tersebut merupakan capaian tertinggi di Indonesia.

"Dari rasio jumlah penduduk sebanyak 4,32 juta jiwa, Bali tercatat sebagai provinsi dengan capaian tertinggi dalam program vaksinasi Covid-19," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Denpasar, Sabtu (17/4/2021).

Dia mengatakan, pemerintah Bali akan terus menggencarkan vaksinasi agar kekebalan kolektif (herd immunity) segera terwujud sehingga pariwisata bisa kembali dibuka.

Dia menuturkan, tim UNESCO telah berkungjung ke Bali dua pekan lalu. Badan PBB itu memberikan apresiasi positif atas capaian vaksinasi yang dilakukan di Bali.

"Tim UNESCO yang berkunjung dua minggu lalu sangat puas melihat langkah-langkah yang kita lakukan dalam penanganan Covid-19," ujar pria yang akrab disapa Cok Ace ini.

Cok Ace menuturkan, ada kemungkinan Badan Kesehatan Dunia atau WHO menggelar rapat tahunan di Bali tahun ini.

"Pemerintah pusat tengah serius melakukan pendekatan. Bila terlaksana, hal ini tentu akan berdampak baik bagi Bali," ujarnya.

Cok Ace sebelumnya menuturkan Bali telah menerima satu juta vaksin Covid-19. Ada tiga zona hijau yang diprioritaskan mendapat vaksinasi terkait rencana pembukaan pariwisata mancanegara yaitu Ubud di Gianyar, Nusa Dua di Badung, dan Sanur di Denpasar.

Editor : Reza Yunanto